Telaah Bahan Ajar Bahasa Mandarin Kelas X di SMK Negeri 27 Jakarta

Aisa Ayu Fadila, . (2019) Telaah Bahan Ajar Bahasa Mandarin Kelas X di SMK Negeri 27 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover Halaman Depan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. Abstrak dan Abstract.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. Lembar Persetujuan Pembimbing.pdf

Download (159kB)
[img] Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (262kB)
[img] Text
5. Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (170kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
11. a. Bab I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
11. b. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
11. c. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
11. d. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
11. e. Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran bahasa Mandarin di kelas, SMK Negeri 27 Jakarta menggunakan bahan ajar cetak berbentuk modul. Sebuah modul disusun dengan memperhatikan prinsip penyusunan bahan ajar. Selain itu, hal yang juga harus diperhatikan adalah kelengkapan komponen-komponen dan lingkup materinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian modul bahasa Mandarin yang digunakan oleh siswa kelas X di SMK Negeri 27 Jakarta dengan prinsip penyusunan bahan ajar, kelengkapan komponen pada struktur modul, dan lingkup materi yang ditetapkan oleh Kurikulum Internasional Pendidikan Bahasa Mandarin (KIPBM). Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sumber data berupa modul bahasa Mandarin kelas X di SMK Negeri 27 Jakarta. Untuk mengetahui kesesuaian modul, penulis mengunakan motode kualitatif. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif, sehingga penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Untuk teknik pengumpulan data, penulis menggunakan teknik dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebagian besar prinsip, komponen, unsur kebahasaan, dan aspek keilmiahan, maupun lingkup materi dalam modul bahasa Mandarin yang digunakan siswa kelas X tidak terpenuhi. Tidak terpenuhinya hal-hal tersebut menjadikan modul ini tidak dapat digunakan secara mandiri oleh para siswa. Hal tersebut juga menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi pasif dan akhirnya target pembelajaran yang kreatif dan inovatif tidak tercapai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hudiyekti Prasetyaningtyas, M.Ed. laoshi ; 2). Vanya Zelia, M.Pd. laoshi
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Mandarin
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2021 05:20
Last Modified: 13 Dec 2021 05:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21798

Actions (login required)

View Item View Item