LA NDIA, . (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN MAJEMUK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. Cover.pdf Download (25kB) |
|
Text
2. Abtrak.pdf Download (184kB) |
|
Text
11. Bab I.pdf Download (367kB) |
|
Text
12. Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
13. Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (548kB) | Request a copy |
|
Text
14. Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (681kB) | Request a copy |
|
Text
15. Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) | Request a copy |
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (626kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran dan kecerdasan majemuk terhadap hasil belajar matematika. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 5 Kendari dari bulan Agustus sampai Desember 2018. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 X 2. Sampel penelitian terdiri dari 64 siswa yang dipilih secara acak. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan ANAVA dengan α = 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan model PBL lebih tinggi dari model pembelajaran langsung; (2) Hasil belajar matematika siswa yang memiliki kecerdasan logika matematika lebih tinggi dari siswa yang memiliki kecerdasan spasial; (3) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan keceradasan majemuk terhadap hasil belajar matematika siswa; (4) Hasil belajar matematika siswa yang memiliki kecerdasan logika matematika yang dibelajarkan dengan model PBL lebih tinggi dari model pembelajaran langsung; (5) Hasil belajar matematika siswa yang memiliki kecerdasan spasial yang dibeajarkan dengan model PBL lebih tinggi dari model pembelajaran langsung; (6) Hasil belajar matematika siswa yang memiliki kecerdasan logika matematika lebih tinggi dari siswa yang memiliki kecerdasan spasial yang dibelajarkan dengan model PBL; (7) Hasil belajar matematika siswa yang memiliki kecerdasan logika matematika lebih tinggi dari siswa yang memiliki kecerdasan spasial yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. ********** This study aims at determining the effect of learning models and multiple intelligences on mathematics achievement. This study was conducted at SMP Negeri 5 Kendari from Agustus to December 2018. The research method used quasiexperimental with factorial design 2 X 2. The study sample consisted of 64 randomly selected students. Data from the study were analyzed using ANAVA with α = 0.05. The results of the study showed that: (1) The mathematics achievement of students taught with the PBL model was higher than the direct learning model; (2) Mathematics achievement of students with mathematical logic intelligence was higher than students with spatial intelligence; (3) There was effect of the interaction between learning models and multiple intelligences on students' mathematics achievement; (4) Mathematics achievement of students with mathematical logic intelligence taught by the PBL model was higher than the direct learning model; (5) Mathematics achievement of students with spatial intelligence taught by the PBL model was higher than the direct learning model; (6) Mathematics achievement of students with mathematical logic intelligence was higher than students with spatial intelligence taught by PBL model; (7) Mathematics achievement of students with mathematical logic intelligence was higher than students with spatial intelligence taught by direct learning model.
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Etin Solihatin, M.Pd. ; 2). Prof.Dr. Zulfiati Syahrial, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Sains > Matematika |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Rima Safitri . |
Date Deposited: | 13 Dec 2021 07:13 |
Last Modified: | 13 Dec 2021 07:13 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21810 |
Actions (login required)
View Item |