PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN MAJEMUK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

LA NDIA, . (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN MAJEMUK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (25kB)
[img] Text
2. Abtrak.pdf

Download (184kB)
[img] Text
11. Bab I.pdf

Download (367kB)
[img] Text
12. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
13. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text
14. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text
15. Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (626kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran dan kecerdasan majemuk terhadap hasil belajar matematika. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 5 Kendari dari bulan Agustus sampai Desember 2018. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 X 2. Sampel penelitian terdiri dari 64 siswa yang dipilih secara acak. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan ANAVA dengan α = 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan model PBL lebih tinggi dari model pembelajaran langsung; (2) Hasil belajar matematika siswa yang memiliki kecerdasan logika matematika lebih tinggi dari siswa yang memiliki kecerdasan spasial; (3) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan keceradasan majemuk terhadap hasil belajar matematika siswa; (4) Hasil belajar matematika siswa yang memiliki kecerdasan logika matematika yang dibelajarkan dengan model PBL lebih tinggi dari model pembelajaran langsung; (5) Hasil belajar matematika siswa yang memiliki kecerdasan spasial yang dibeajarkan dengan model PBL lebih tinggi dari model pembelajaran langsung; (6) Hasil belajar matematika siswa yang memiliki kecerdasan logika matematika lebih tinggi dari siswa yang memiliki kecerdasan spasial yang dibelajarkan dengan model PBL; (7) Hasil belajar matematika siswa yang memiliki kecerdasan logika matematika lebih tinggi dari siswa yang memiliki kecerdasan spasial yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. ********** This study aims at determining the effect of learning models and multiple intelligences on mathematics achievement. This study was conducted at SMP Negeri 5 Kendari from Agustus to December 2018. The research method used quasiexperimental with factorial design 2 X 2. The study sample consisted of 64 randomly selected students. Data from the study were analyzed using ANAVA with α = 0.05. The results of the study showed that: (1) The mathematics achievement of students taught with the PBL model was higher than the direct learning model; (2) Mathematics achievement of students with mathematical logic intelligence was higher than students with spatial intelligence; (3) There was effect of the interaction between learning models and multiple intelligences on students' mathematics achievement; (4) Mathematics achievement of students with mathematical logic intelligence taught by the PBL model was higher than the direct learning model; (5) Mathematics achievement of students with spatial intelligence taught by the PBL model was higher than the direct learning model; (6) Mathematics achievement of students with mathematical logic intelligence was higher than students with spatial intelligence taught by PBL model; (7) Mathematics achievement of students with mathematical logic intelligence was higher than students with spatial intelligence taught by direct learning model.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Dr. Etin Solihatin, M.Pd. ; 2). Prof.Dr. Zulfiati Syahrial, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Sains > Matematika
Divisions: PASCASARJANA > S3 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 13 Dec 2021 07:13
Last Modified: 13 Dec 2021 07:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21810

Actions (login required)

View Item View Item