Communication Strategies in English for Popular Science Communication Class at English Education Study Program of Universitas Negeri Jakarta

Annisa Laila Alvi Syahri, . (2019) Communication Strategies in English for Popular Science Communication Class at English Education Study Program of Universitas Negeri Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover Halaman Depan.pdf

Download (37kB)
[img] Text
2. Abstrak dan Abstract.pdf

Download (91kB)
[img] Text
3. Lembar Pengesahan.jpg.pdf

Download (98kB)
[img] Text
4. Lembar Pernyataan.pdf

Download (49kB)
[img] Text
5. Lembar Publikasi.pdf

Download (57kB)
[img] Text
6. Acknowledgement.pdf

Download (71kB)
[img] Text
7. Table of content.pdf

Download (56kB)
[img] Text
9. BAB I Introduction.pdf

Download (152kB)
[img] Text
10. BAB II Literature Review.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
11. BAB III Methodology.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
12. BAB IV Findings and Discussion.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
13. BAB V Conclusion and Recommendation.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text
14. References.pdf

Download (146kB)

Abstract

Penelitian ini membahas penggunaan strategi komunikasi di kelas English for Popular Science Communication di Program Study Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Jakarta dalam interaksi kelas. Penelitian ini bertujuan mengetahui jenis-jenis strategi komunikasi dan bagaimana strategi tersebut digunakan oleh siswa di kelas English for Popular Science Communication di Universitas Negeri Jakarta. Analisis wacana dengan kualitatif deskriptif adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Observasi kelas digunakan untuk mendapatkan data terkait jenis-jenis strategi komunikasi dan bagaimana penggunaannya melalui ujaran dari 17 siswa dalam kelas English for Popular Science Communication, dan interview digunakan untuk mendapatkan data tambahan terkait klarifikasi siswa dalam menggunakan strategi komunikasi. Teori komunikasi strategi dari Celce-Murcia (1995) digunakan sebagai acuan untuk mendeskripsikan data. Hasil dari pertanyaan penelitian 1 menunjukkan bahwa siswa menggunakan 13 jenis strategi komunikasi: fillers sebanyak 62 kali, message abandonment sebanyak 31 kali, self and other repetition sebanyak 27 kali, code switching sebanyak 24 kali, appeals for help sebanyak 10 kali, retrieval sebanyak 9 kali, restructuring sebanyak 8 kali, self-initiated repair sebanyak 5 kali, message replacement sebanyak 3 kali, self-rephrasing sebanyak 3 kali, circumlocution sebanyak satu kali, word coinage sebanyak satu kali, dan all-purpose words sebanyak satu kali. Hasil dari pertanyaan penelitian 2 bagaimana strategi komunikasi tersebut digunakan ketika memberi pendapat, menjawab pertanyaan, memberikan pertanyaan, dan menjelaskan kepada guru dan mahasiswa lainnya pada diskusi kelompok dan diskusi kelas selama interaksi kelas. Strategi komunikasi dapat digunakan oleh mahasiswa sebagai alternative untuk menyampaikan gagasan mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). I Wayan Darya M.A ; 2). Dr. Sri Sumarni, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 14 Dec 2021 04:26
Last Modified: 14 Dec 2021 04:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21829

Actions (login required)

View Item View Item