DANA SWANDANA, . (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WINDOW SHOPPING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS XI SMK WIYATA MANDALA BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK.pdf Download (86kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (421kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) |
|
Text
BAB IIII.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (100kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (123kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA revisi.pdf Download (92kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (162kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (309kB) |
|
Text
Lembar Pernyataan Orisinalitas.pdf Download (221kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (85kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran window shopping terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas XI SMK Wiyata Mandala Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian pre-test, post-test control grup. Uji-t dan uji Fisher digunakan untuk menganalisis data penelitian ini. Hasil uji-t pada nilai post-test antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen menjukkan bahwa skor thitung 13.845>ttabel 1.994 dengan dk sebesar 70. Taraf signifikan a = 0.05 karena thitung>ttabel berarti H1 diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran window shopping berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks pada siswa kelas XI SMK Wiyata Mandala Bogor. Dari hasil penilaian menunjukkan aspek yang dapat mempengaruhi nilai siswa yaitu aspek ke tiga dalam struktur teks, yaitu struktur langkah-langkah, sedangkan aspek yang pencapaiannya paling rendah terdapat pada aspek penggunaan diksi. Dari hasil di atas, model pembelajaran window shopping dapat dijadikan sebagai model pembelajaran yang baik dalam proses pembelajaran teks prosedur kompleks. Selain itu, model pembelajaran ini dapat diimplikasikan kepada pembelajaran teks biografi di SMK `KD 3.15 4.15 yaitu menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan, membuat teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan baik lisan maupun tulisan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Lia Marlian, S.Pd.,M.Phil ; 2). Reni Nur Eriyani, M.Pd |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 15 Dec 2021 06:24 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 06:24 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21856 |
Actions (login required)
View Item |