Danar Drestanto Rahardipta, . (2019) The Variation of The Thematic Structure in Two Childre n’s Animal Encyclope dias Entries: A Systemic Functional Linguistic Perspective. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
(1) Cover Halaman Depan.pdf Download (116kB) |
|
Text
(2) ABSTRACT and ABSTRAK.pdf Download (420kB) |
|
Text
(3) Lembar Pengesahan.pdf Download (748kB) |
|
Text
(4) Lembar Pernyataan.pdf Download (423kB) |
|
Text
(5) Lembar Persetujuan Publikasi.pdf Download (327kB) |
|
Text
(7) ACKNOWLEDGEMENT.pdf Download (247kB) |
|
Text
(8) Table of content.pdf Download (16kB) |
|
Text
(11) Chapter 1 Skripsi_Danar.pdf Download (276kB) |
|
Text
(12) Chapter 2 Skripsi_Danar.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
|
Text
(13) Chapter 3 Skripsi_Danar.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
|
Text
(14) Chapter 4 Skripsi_Danar.pdf Restricted to Registered users only Download (529kB) |
|
Text
(15) Chapter 5 Skripsi_Danar .pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
|
Text
(16) References_Danar.pdf Download (103kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menemukan variasi struktur tematik dalam dua entri ensiklopedi hewan untuk anak-anak. Penelitian ini menggunakan analisis konten kualitatif sebagai metode penelitian. Data penelitian adalah klausa dari 20 entri yang dipilih dari kedua ensiklopedi. Sumber data adalah ensiklopedia dua anak, “Encyclopedia of Knowledge: A Complete Guide to Almost Everything” dan “The Little Animal Encyclopedia” Penelitian ini menggunakan Systemic Functional Language sebagai instrumen untuk mengidentifikasi participant, process, circumstance, conjunction, dan adjunct . Studi ini menemukan bahwa tema yang digunakan dalam ensiklopedi binatang anak-anak yang dipilih hanya topical theme dan textual theme. Kedua ensiklopedi secara proporsional menggunakan topical Themes lebih karena mereka tidak menggunakan interpersonal theme, baik itu modal adjuncts atau mood-marking Themes. Perbedaan yang signifikan juga ditemukan di dalam topical Themes di mana participant digunakan lebih signifikan dibandingkan process atau circumstance. Di dalam textual Themes, kedua ensiklopedi secara signifikan menggunakan lebih banyak conjunction dan sedikit conjunctive adjuncts. Penelitian ini menunjukkan that Ensiklopedi binatang untuk anak sangat mengerti bagaimana Themes berfungsi di dalam Bahasa Inggris untuk menyusun informasi dan membangung kerangka sebuah teks, atau bagaimana mereka dapat menggunakan posisi Theme untuk mengembangkan tulisan mereka
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Rutsje Helena Damongilala M.Pd ; 2). Dr. Muchlas Suseno, M.Pd |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 15 Dec 2021 06:54 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 06:54 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21859 |
Actions (login required)
View Item |