PENGARUH MEDIA KAHOOT! TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS SINOPSIS NOVEL PADA SISWA KELAS VII SMPN 232 JAKARTA

DEDE LESTARI, . (2019) PENGARUH MEDIA KAHOOT! TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS SINOPSIS NOVEL PADA SISWA KELAS VII SMPN 232 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
0 - COVER.pdf

Download (21kB)
[img] Text
1 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (937kB)
[img] Text
2 - LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (257kB)
[img] Text
3 - LEMBAR PUBLIKASI ILMIAH.pdf

Download (296kB)
[img] Text
5 - ABSTRAK.pdf

Download (210kB)
[img] Text
6 - KATA PENGANTAR.pdf

Download (174kB)
[img] Text
7 - DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
12 - BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text
13 - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
14 - BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text
15 - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
16 - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text
17 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Kahoot! terhadap keterampilan menulis teks sinopsis novel pada siswa kelas VII SMPN 232 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 232 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Media penelitian yang digunakan yaitu media Kahoot!. populasi penelitian ini ialah seluruh peserta didik yang tercatat sebagai peserta didik kelas VII di SMPN 232 Jakarta tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan secara acak atau menggunakan teknik random sampling. Jumlah sampel 60 peserta didik. Desain rincian kelas eksperimen berjumlah 30 peserta didik dan kelas kontrol berjumlah 30 peserta didik. Uji persyaratan analisis data dilakukan dengan uji normalitas Liliefors, diperoleh Lo maksimal untuk kelas eksperimen sebesar 0,092 pada prates dan 0,103 pada pascates, sedangkan Lt pada taraf signifikasi α = 0,05 dengan dk = 30 adalah sebesar 0,161, Lo < Lt . Maka sampel berdistribusi normal. Untuk kelas kontrol diperoleh Lo maksimal untuk kelas eksperimen sebesar 0,142 pada prates dan 0,101 pada pascates. Hasil uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fo sebesar 1,237 dan Ft sebesar 1,861 pada taraf signifikasi α = 0,05 Fo < Ft (1,237 < 1,861), maka sampel memiliki data yang homogen. Hasil analisis data dengan uji-t diperoleh to sebesar 2,002 dan tt 6,387 sebesar dengan taraf signifikasi α = 0,05 dengan dk (n-2) = 58 untuk uji dua pihak, to < tt (2,002 < 6,387), maka hipotesis diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh penggunaan media Kahoot! terhadap keterampilan menulis teks sinopsis novel pada siswa kelas VII SMPN 232 Jakarta. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka media Kahoot! dapat dijadikan media alternatif yang baik untuk pembelajaran teks sinopsis novel dan pembelajaran teks lainnya. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan media Kahoot! dapat menjadi salah satu media yang dapat digunakan oleh pendidik pada pembelajaran menulis teks sinopsis novel dan juga pembelajaran teks lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Suhita, M.Pd., ; 2). Reni Nur Eriyani, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 15 Dec 2021 07:11
Last Modified: 15 Dec 2021 07:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21862

Actions (login required)

View Item View Item