EXPLORING HIGH ORDER THINKING SKILLS IN ENGLISH SUMMATIVE TEST BASED ON BLOOM’S REVISED TAXONOMY

DEVI AGUSTINA, . (2018) EXPLORING HIGH ORDER THINKING SKILLS IN ENGLISH SUMMATIVE TEST BASED ON BLOOM’S REVISED TAXONOMY. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (56kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (734kB)
[img] Text
03. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (735kB)
[img] Text
04. LEMBAR PUBLIKASI.pdf

Download (734kB)
[img] Text
05. ABSTRACT & ABSTRAK.pdf

Download (124kB)
[img] Text
07. ACKNOWLEDGEMENT.pdf

Download (124kB)
[img] Text
08. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (123kB)
[img] Text
12a. CHAPTER I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12b. CHAPTER II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
12c. CHAPTER III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
12d. CHAPTER IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
12e. CHAPTER V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
13. REFERENCES.pdf

Download (103kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menidentifikasi jumlah tingkat berpikir tingkat tinggi dalam tes sumatif yang digunakan oleh x kelas semester dua. Penelitian ini dimulai sejak bulan februari hingga November 2018. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif yaitu analisis konten. Data dari penelitian ini adalah 40 butir soal test. Sumber data penelitian ini adalah test sumatif bahasa Inggris yang disusun oleh guru kelas untuk kelas 10 semester 2 di SMAN 72 Jakarta. Instrumen penelitian ini adalah tabel ukuran kognitif dan pengetahuan yang diadaptasi dari (Krathwohl. 2002). Tabel tersebut terdiri dari enam tingkatan ukuran proses kognitif yaitu: Mengingat, Mengerti, Mengaplikasikan, Menganalisis, Mengevaluasi and Membuat. Dan terdiri pula dari tingkatan ukuran pengetahuan yaitu: Pengetahuan Faktual, Pengetahuan Konseptual, Pengertian prosedural, dan pengetahuan meta kognitif. Tingkatan kognitif terserbar dari tingkat mengingat hingga tingkat mengaplikasikan sedangkan tingkat mengevaluasi dan membuat tidak ada di dalam ulangan kelas bahasa Inggris terserbut. Tingkat ukuran pengetahuan tersebar dari pengetahuan faktual hingga pengetahuan prosedural sedangkat pengetahuan meta kognitif tidak muncul dalam ulangan kelas bahasa Inggrs. Hasil temuan ini menunjukan 37 (92%) butir soal test tergolong kedalam kemampuan berpikir tingkat rendah sedangkan 3(8%) butir soal test tergolong kedalam kemampuan berpikir tingkat tinggi. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ulangan kelas bahasa inggris yang digunakan untuk kelas 10 semester kedua di SMAN 72 Jakarta belum mempromosikan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Sulastini M.A ; 2). Siti Wachidah, M.A. Ph.D
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 15 Dec 2021 09:29
Last Modified: 15 Dec 2021 09:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21867

Actions (login required)

View Item View Item