Studi Desktiptif tentang Pendidikan Komputer untuk Anak Usia 4 sampai 8 Tahun di Megakids.com (Studi Kasus dalam Pembelajaran Keterampilan Menggunakan Komputer di Tempat Kursus Komputer untuk Anak)

Nenny Mahyuddin, . (2002) Studi Desktiptif tentang Pendidikan Komputer untuk Anak Usia 4 sampai 8 Tahun di Megakids.com (Studi Kasus dalam Pembelajaran Keterampilan Menggunakan Komputer di Tempat Kursus Komputer untuk Anak). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (875kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (994kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran keterampilan menggunakan komputer, metode, materi dan aspek intelektual, bahasa dan motorik halus anak usia 4-8 tahun selama mengikuti kursus komputer di Megakids.com. Penelitian ini dilaksanakan di cabang Megakids.com, Komplek Timah, Blok CC No.61, Desa Tugu, Kelapa Dua, Cimanggis, Bogor. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung pada 8 siswa, wawancara kepada pimpinan kursus, 2 orang guru, dan orang tua siswa, serta dilengkapi dengan dokumentasi. Setelah mendapatkan data dalam bentuk kualitatif dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian dilakukan analisis data dengan cara membandingkan data dalam satu kategori, menspesifikasi konsep, dan memverifikasi teori dengan data yang sudah ditentukan. Dalam menganalisa data dituangkan ke dalam bentuk narasi. Hasil dari penelitian diperoleh informasi tentang program paket komputer yang ditawarkan untuk anak usia 4-8 tahun. Guru memahami karakteristik perkembangan anak sehingga tidak menemui ksulitan dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Sarana bermain di luar ruangan yang memungkinkan anak mengembangkan potensi dirinya dalam bidang yang lain, serta pengintergrasian agama dalam proses pembelajaran. Penelitian menyimpulkan bahwa dengan tersedianya program komputer edukatif yang memiliki unsur hiburan yang menarik seperti warna, bunyi, dan bentuk dipadukan dengan unsur hiburan mendajikan terpenuhinya kebutuhan anak usia 4-8 tahun tersebut, khususnya di bidang keterampilan menggunakan komputer dalam membantu kehidupan anak sehari-hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yuliani Nurani, M.Pd ; 2). Drs. Dudung Amir Soleh
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: pasca .
Date Deposited: 20 Dec 2021 03:11
Last Modified: 20 Dec 2021 03:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21870

Actions (login required)

View Item View Item