Pembelajaran Berbasis Sentra dalam Aktualisasi Kecerdasan Verbal Linguistik dan kecerdasan Interpersonal pada Anak Usia 4-5 Tahun (Penelitian Kualitatif di Taman Kanak-kanak Karakter Jl. Raya Bogor Km. 31 Cimanggis Depok)

Nenny Mahyuddin, . (2007) Pembelajaran Berbasis Sentra dalam Aktualisasi Kecerdasan Verbal Linguistik dan kecerdasan Interpersonal pada Anak Usia 4-5 Tahun (Penelitian Kualitatif di Taman Kanak-kanak Karakter Jl. Raya Bogor Km. 31 Cimanggis Depok). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (658kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Pembelajaran Berbasis Sentra dalam mengaktualisasikan kecerdasan Verbal Linguistik dan Kecerdasan Interpersonal pada TK Karakter yang beralamat di Jl. Raya Bogor Km. 31 Cimanggis Depok pada bulan Juli sampai dengan bulan Desember 2006. TK ini mempunyai dua tingkat, yaitu tingkat A (4-5 tahun) dan tingkat B (5-6 tahun). Tingkat A dibagi kepada dua kelompok, yaitu, Kelompok "Jujur" dan Kelompok "Santun". Penelitian ini dilaksanakan di Kelompok "Jujur" yang terdiri dari 9 orang anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mengacu kepada paradigma naturalistik yaitu paradigma alamiah yang bersumber pada pandangan fenomenologis khususnya yang berkaitan dengan teori yang dikembangkan oleh Spradley. Teknik utama dalam prosedur pengumpulan data pada penelitian ini ialah melalui cara pengamatan berperan serta, wawancara mendalam dan mengumpulkan berbagai dokumen terkait dengan pembelajaran berbasis sentra. Sedangkan analisis data diperoleh dengan: analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponen, dan analisis tema. Kecerdasan verbal dan interpersonal pada anak TK A Jujur pada umumnya telah teraktualisasi dengan baik, hal ini dilihat dengan ditemukannya perilaku dan iucapan yang muncul dari anak-anak tersebut di setiap sentra. Hasili penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis sentra di TK Karakter Cimanggis Depok telah ditunjang oleh grup yang dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan baik kepada anak-anak dengan strategi pembelajaran yang bervariasi seperti menggunakan metode bercerita, bercakap-cakap atau diskusi, bermain peran, domontrasi atau praktek langsung, dan studytour, sehingga anak-anak usia 4-5 tahun dapat berkembang aktualisasi kecerdasan verbal linguistik dan kecerdasan interpersonalnya ketika proses belajar dan mengajar di dalam sentra. Hasil yang ditemui dari kecerdasan verbal linguistik, berupa bunyi huruf, menyebut nama benda, mengucap nama Tuhan, mengerti dan melaksanakan perintah, memecahkan masalah dengan berdialog, menyatakan dengan kalimat lengkap, menjadi pendengar dan pembicara yang baik, dan menyanyikan lagu anak-anak. Sedangkan hasil yang ditemui dari kecerdasan interpersonal adalah mengerti akibat jika melakukan kesalahan, menolong teman, mengembalikan benda ke tempatnya semula setelah selesai digunakan, menunjukkan ekspresi yang wajar sesuai perasaan, dapat memilih permainan sendiri, memiliki kebiasaan teratur, sabar menunggu giliran, mematuhi etiket makan, menerti aturan permaian, dan mampu memecahkan masalah

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Lexy J. Moleong, MA ; 2). Prof. Dr. Martini Jamaris, M.Sc,Ed
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: pasca .
Date Deposited: 20 Dec 2021 03:13
Last Modified: 20 Dec 2021 03:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21873

Actions (login required)

View Item View Item