Macam-macam Maf’ul dalam Qasidah Imam Syafi’i serta Implikasinya terhadap Pengajaran Ilmu Nahwu

Diky Faturohman, . (2019) Macam-macam Maf’ul dalam Qasidah Imam Syafi’i serta Implikasinya terhadap Pengajaran Ilmu Nahwu. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui macam-macam maf’ul yang terdapat dalam buku “Diwan Imam Syafi’i” karangan Muhammad Abdurrahim dkk, sehingga dapat diaplikasikan dalam pengajaran ilmu nahwu di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang terkait pada analisis pusat pengajaran dari penggunaan macam�macam maf’ul dalam buku “Diwan Imam Syafi’i” karangan Muhammad Abdurrahim dkk yang terdiri dari 248 qasidah, akan tetapi peneliti hanya memilih 31 qasidah dan implikasinya terhadap pengajaran ilmu nahwu. Maf’ul adalah kata benda turunan dari kata kerja pasif untuk menunjukkan sesuatu yang dikerjakan. Dan didalam penelitian ini peneliti menemukan 231 maf’ul yang berbeda, yang terdiri dari 193 maf’ul bih, 4 maf’ul mutlaq, 18 maf’ul fih, 13 maf’ul liajlih, dan 3 maf’ul ma’ah. Semoga penelitian ini dapat bermanfaat dan diimplikasikan oleh para guru bahasa Arab dalam pengajaran ilmu nahwu agar mempermudah pendidik dalam menjelaskan ilmu nahwu khususnya dalam pembahasan maf’ulat kepada mahasiswa, agar mahasiswa dapat memahami dan mereka tidak mendapatkan kesulitan dalam mempelajarinya

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nuruddin M.A ; 2). Drs. M.Aziz Ritonga M.A
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 17 Dec 2021 06:23
Last Modified: 17 Dec 2021 06:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21884

Actions (login required)

View Item View Item