Model Bahan Ajar Kitabah I Berdasarkan Pendekatan Kontekstual Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta

Fadilah Rifqi Azhari, . (2018) Model Bahan Ajar Kitabah I Berdasarkan Pendekatan Kontekstual Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Model Bahan Ajar Kitabah I berdasarkan pendekatan kontekstual sebagai bahan ajar pada mata kuliah Kitabah 1 untuk membantu mahasiswa memahami materi-materi yang terdapat dalam buku ajar dan juga membantu meningkatkan kemampuan menulis mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan dengan Model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Peneliti membatasi langkah metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu dengan langkah (1) Analisis (Analyze), (2) Desain dan Pengembangan (Design and Development), (3) Penilaian Evaluasi. Berdasarkan analisis kebutuhan terhadap model bahan ajar, peneliti membagikan instrumen kebutuhan kepada mahasiswa. Dalam tahap desain dan pengembangan, peneliti mengumpulkan materi terkait mata kuliah Kitabah I. Peneliti menentukan standar kompetensi dari model materi ajar yang dikembangkan. Setelah tahap desain dan pengembangan, dilakukan proses penilaian dan evaluasi dari dua orang ahli. Penilaian produk juga dilakukan oleh sepuluh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab terhadap model buku ajar yang dikembangkan. Respons ahli bahasa terhadap model bahan ajar Kitabah I, memperoleh hasil penilaian 87,6 yang termasuk kategori istimewa. Respons ahli materi kedua, memperoleh hasil penilaian 75,7 yang termasuk kategori sangat baik. Rata-rata tingkat penilaian dari ahli penelaah materi adalah 81,7 termasuk kategori sangat baik. Dengan demikian, maka model materi ajar yang dikembangkan sangat baik dan layak digunakan sebagai referensi materi ajar dalam mata kuliah Kitabah I. Adapun respons mahasiswa terhadap model bahan ajar Kitabah I, memperoleh hasil penilaian 86,1 yang termasuk kategori istimewa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Zainal Rafli M.Pd ; 2). Dr. Syamsi Setiadi M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 20 Dec 2021 05:40
Last Modified: 20 Dec 2021 05:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21901

Actions (login required)

View Item View Item