EFEKTIVITAS STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DALAM MATA KULIAH DOKKAI III DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK (PENELITIAN EKSPERIMEN PADA MAHASISWA SEMESTER 5 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA TAHUN AKADEMIK 2018/2019)

FENY OKTAVIANY, . (2019) EFEKTIVITAS STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DALAM MATA KULIAH DOKKAI III DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK (PENELITIAN EKSPERIMEN PADA MAHASISWA SEMESTER 5 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA TAHUN AKADEMIK 2018/2019). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (26kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (523kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (384kB)
[img] Text
4. LEMBAR PUBLIKASI.pdf

Download (608kB)
[img] Text
5. ABSTRAK&ABSTRACT.pdf

Download (93kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (155kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (241kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)

Abstract

Dalam mempelajari Dokkai, ada beberapa kendala yang ditemui. Dalam tiga peringkat, kesulitan paling utama yang dialami mahasiswa adalah membaca kanji, diikuti kosakata, lalu tata bahasa. Dalam proses pembelajaran juga ditemukan kendala dari segi waktu, serta jarang memberikan pengantar kepada mahasiswa berupa pertanyaan-pertanyaan atau latihan kosakata yang terkait dengan bahan bacaan yang akan dipelajari. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti memilih strategi Active Knowledge Sharing dengan pendekatan saintifik karena peneliti ingin memudahkan mahasiswa dalam mempelajari dokkai. Ditambah dengan pendekatan saintifik membuat strategi ini berjalan semakin baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas dan untuk mengetahui kelebihan serta kekurangan strategi Active Knowledge Sharing dengan pendekatan saintifik dalam mata kuliah Dokkai III semester lima. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan desain true experimental design bentuk pretest dan posttest. Instrumen penelitian menggunakan tes, angket, dan wawancara bebas. Berdasarkan analisis data penelitian, hasil pengolahan uji efektivitas dengan pengolah data SPSS 20, diperoleh hasil thitung (2,547) > ttabel (2,028) yang berarti thitung lebih besar daripada ttabel, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat diketahui bahwa terdapat efektivitas strategi Active Knowledge Sharing dalam pembelajaran dokkai dengan pendekatan saintifik. Dalam penghitungan data normalized gain, kelas eksperimen memperoleh hasil 0,55 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan pendekatan ekspositori dengan hasil penghitungan sebesar 0,16. Dapat disimpulkan bahwa strategi Active Knowledge Sharing dengan pendekatan saintifik dinilai cukup efektif dalam pembelajaran dokkai. Dapat diketahui bahwa terdapat perubahan yang signifikan setelah diterapkannya strategi Active Knowledge Sharing dengan pendekatan saintifik. Kelebihan dari sisi peneliti adalah mahasiswa yang awalnya pasif menjadi mencoba untuk aktif berpartisipasi dalam pembelajaran dan mahasiswa juga dapat menjawab kosakata tanpa menggunakan aplikasi kamus di ponsel. Kelebihan dari sisi mahasiswa adalah mahasiswa terdorong untuk saling membantu untuk menyelesaikan masalah sehingga mahasiswa lebih mudah dan cepat dalam memahami isi bacaan. Kekurangannya adalah belum cukup membuat mahasiswa kritis dan kurang cocok untuk mahasiswa yang lebih fokus jika belajar sendiri tanpa berpindah tempat duduk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Frida Philiyanti, M.Pd ; 2). Viana Meilani Prasetio, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 21 Dec 2021 01:55
Last Modified: 21 Dec 2021 01:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21915

Actions (login required)

View Item View Item