PENINGKATAN KECERDASAN NATURALIS MELALUI CERITA FIKSI SAINS (SCIENCE FICTION) (Penelitian Tindakan di Kelompok B1 RA Asy-Syafi` Kota Tangerang Tahun Ajaran 2018-2019)

MURTAFIAH, . (2019) PENINGKATAN KECERDASAN NATURALIS MELALUI CERITA FIKSI SAINS (SCIENCE FICTION) (Penelitian Tindakan di Kelompok B1 RA Asy-Syafi` Kota Tangerang Tahun Ajaran 2018-2019). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (85kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (88kB)
[img] Text
12. a. BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
12. b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
12. c. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (981kB) | Request a copy
[img] Text
12. d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
12. e. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses dan hasil upaya peningkatan kecerdasan naturalis melalui cerita fiksi sains di kelompok B1 RA Asy-Syafi` Kota Tangerang tahun ajaran 2018-2019. Subyek dari penelitian ini adalah 12 siswa. Metode penelitian ini didasarkan pada model penelitian tindakan Kemmis and Mc Taggart yang meliputi empat tahap: perencanaan, tindakan dan pengamatan, refleksi. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus dn setiap siklus terdiri dari 6 kali pertemuan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kecerdasan naturalis anak kelompok B1 RA Asy-Syafi` Kota Tangerang tahun ajaran 2018-2019 melalui cerita fiksi sains. Nilai rata-rata tingkat capaian perkembangan pada pra siklus sebesar 42,50%, meningkat pada siklus I menjadi 68,50% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 86,33%. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kecerdasan naturalis dapat ditingkatkan melalui cerita fiksi sains. ***** The purpose of this research is to describe the process and the result of the increase of natural intelligence in early childhood B1 RA Asy-Syafi` Kota Tangerang 2018-2019 through research and development science fiction method. The subjects of this study were 12 children. This research method is based on Action Research model of Kemmis and Mc Taggart which includes four stages: planning, action and observation, reflection. This action study was conducted in two cycles and each cycle consisted of 6 meetings. The data collected used in this action research are interviews, observation and documentation. Data analysis technique used in this research is qualitative and quantitative. The result showed that the increased natural intelligence of early childhood RA Asy-Syafi` Kota Tangerang 2018-2019 through science fiction method. The rate of development of focused attention obtained by early childhood in pre cycle is 42,50%. In the first cycle the score is 68,50% and the second cycle is 86,33%. This research reveals that research and development science fiction method is one solution to increase of natural intelligence early childhood.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Phil. Zarina Akbar ; 2). Dr. Karnadi
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 21 Dec 2021 07:17
Last Modified: 21 Dec 2021 07:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21923

Actions (login required)

View Item View Item