LATIFATUL FITRI, . (2019) PERAN PANTI ASUHAN DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN ISLAM BAGI ANAK YATIM DAN KAUM DHUAFA. (Studi Kasus: Panti Asuhan Harapan Remaja Rawamangun). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER-dikonversi.pdf Download (167kB) |
|
Text
ABSTRAK-dikonversi.pdf Download (108kB) |
|
Text
BAB I-dikonversi.pdf Download (205kB) |
|
Text
BAB II-dikonversi.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
|
Text
BAB III-dikonversi.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
|
Text
BAB IV-dikonversi.pdf Restricted to Registered users only Download (15kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (77kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf Download (14kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR-dikonversi.pdf Download (76kB) |
|
Text
lembar orisinalitas-dikonversi.pdf Download (199kB) |
|
Text
lembar persetujuan-dikonversi.pdf Download (179kB) |
Abstract
Pada zaman sekarang ini, dengan canggihnya teknologi banyak anak-anak usia sekolah yang lalai dalam menjalankan kewajibannya kepada tuhan. Dalam hal ini, Pendidikan sangatlah penting bagi semua anak termasuk Anak yatim dan kaum dhuafa salah satunya adalah pendidikan islam. Keinginan yang kuat dari anak yatim dan kaum dhuafa dalam menuntut ilmu membuat mereka untuk menetap di panti asuhan Harapan Remaja. Tujuan panti ini adalah untuk membantu anak yatim dan kaum dhuafa yang secara finansialnya kurang untuk memenuhi kebutuhannya dalam dunia pendidikan umum dan islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran Panti Asuhan Dalam Memberikan Pendidikan Islam Bagi Anak Yatim Dan Kaum Dhuafa, proses dalam memberikan pendidikan islam serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metodelogi kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pengasuh dan anak yatim dan kaum dhuafa di panti asuhan Harapan Remaja. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi wawancara dan dokumentasi kegiatan observasi berupa foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Peran Panti Asuhan Dalam Memberikan Pendidikan Islam Bagi Anak Yatim Dan Kaum Dhuafa (Studi Kasus: Panti Asuhan Harapan Remaja Rawamangun) adalah panti asuhan sebagai tempat wadah untuk bermualamah yang mana anak asuh dapat berinteraksi dengan sesama yang lain. Kemudian panti asuhan sebagai tempat menimba ilmu dan keterampilan tambahan yang bisa mengasah bakat anak asuh. para pengasuh mengajarkan, membimbing, mendidik dan memberikan anak asuh pelajaran mengenai kegiatan ibadah keseharian seperti shalat 5 waktu, shalat Sunnah, Puasa, dan membaca al-Quran. adanya madrasah diniyah, anak asuh dapat belajar ilmu agama islam tentang Aqidah, Akhlak, Fiqh, Sejarah Islam, Al-quran dan Bahasa Arab. Lalu panti asuhan sebagai tempat pembentukkan akhlak yang baik bagi anak-anak terlantar, yatim-piatu dan lain-lain. Mereka diajarkan, dibina dan dididik tentang berprilaku yang baik kepada orang lain.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Khairil Ikhsan Siregar, Lc.,M.A ; 2). Rudi Muhammad Barnansyah, M.Pd |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 22 Dec 2021 03:19 |
Last Modified: | 22 Dec 2021 03:19 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21926 |
Actions (login required)
View Item |