PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN di SEKOLAH UMUM SMA NEGERI 91 JAKARTA

Ine Ade Ismaya, . (2019) PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN di SEKOLAH UMUM SMA NEGERI 91 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (73kB)
[img]
Preview
Image
LEMBAR ORISINALITAS.jpg

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Image
LEMBAR PENGESAHAN.jpg

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di sekolah umum SMA Negeri 91 Jakarta yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan teori pembelajaran tahfidz menurut Abdul Aziz Abdul Ra’uf dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Tahfidz Al-Qur’an di SMA Negeri 91 Metode yang sangat bervariasi seperti metode Bi Al-Nazhar, metode Sima’i, metode Jami’ dan metode Talaqqi. Akan tetapi yang lebih sering digunakan guru yaitu metode Talaqqi karena dengan metode ini dapat mengetahui langsung bagaimana hafalan siswa tersebut. Tahfidz Al-Qur’an di sekolah ini dilaksanakan satu kali dalam seminggu. Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dibagi menjadi tiga tahap yaitu tahap pra pembelajaran, tahap pelaksanaan pembelajaran dan tahap evaluasi. Sistem evaluasi dalam Tahfidz terbagi menjadi dua yaitu evaluasi kelas dan evaluasi program. Program Tahfidz dapat terlaksana dengan baik karena adanya faktor pendukung dari pihak sekolah yang memasukkan program ini ke dalam kurikulum sekolah serta adanya faktor dukungan dari guru maupun orang tua. Adapun faktor penghambat pelaksanaan program Tahfidz ini yaitu siswa sulit mengatur waktu, faktor daya ingat yang kurang serta lingkungan pergaulan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Khairil Ikhsan Siregar, Lc., MA ; 2). Sari Narulita, Lc., MA s
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Alquran dan Kumpulan Karya Islam
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 22 Dec 2021 06:19
Last Modified: 22 Dec 2021 06:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21933

Actions (login required)

View Item View Item