ANALISIS STRUKTUR TEKS DALAM KUMPULAN CERPEN KARANGAN SISWA KELAS VII DAN IMPLIKASINYA TERHADAP BAHAN AJAR DI SMP YAPIMDA JAKARTA

Gizha Nur Triandhita, . (2019) ANALISIS STRUKTUR TEKS DALAM KUMPULAN CERPEN KARANGAN SISWA KELAS VII DAN IMPLIKASINYA TERHADAP BAHAN AJAR DI SMP YAPIMDA JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (116kB)
[img] Text
2. ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf

Download (79kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (86kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (256kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (92kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (108kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] Text
18. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (280kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang jenis struktur teks dalam kumpulan cerpen karangan siswa kelas VII di SMP Yapimda Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi dan implikasinya terhadap bahan ajar bagi guru di SMP Yapimda. Fokus dalam penelitian ini analisis struktur teks kumpulan cerpen karangan siswa kelas VII, yaitu struktur teks cerpen. Struktur teks cerpen berupa abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda. Kesimpulan dari penelitian ini untuk membuat karangan cerpen siswa menghasilkan adanya 6 jenis struktur teks cerpen. Sebuah karangan cerpen membutuhkan 6 strukutur penting yang saling berkaitan. Struktur pertama yaitu abstrak yang menggambarkan gambaran awal cerita. Struktur selanjutnya yaitu orientasi yang berhubungan dengan tempat, waktu, dan suasana yang ada dalam cerita. Struktur berikutnya adalah komplikasi yang menjelaskan rangkaian peristiwa dan menceritakan mengenai sebab akibat. Evaluasi merupakan struktur yang menjelaskan adanya masalah yang terjadi dan mulai muncul penyelesaian dari masalah yang ada. Resolusi merupakan struktur penyelesaian dari evaluasi dan adanya solusi dari permasalahan yang ada. Koda merupakan struktur yang mengandung pelajaran atau nilai yang dapat diambil dari cerita pendek. Hasil penelitian ini menjawab mengenai analisis struktur teks dalam kumpulan cerpen karangan siswa kelas VII dan dapat di implikasikan ke dalam pembelajaran Bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan Kurikulum 2013 dengan KI 3 dan KD 3.1 dan 4.1.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). N. Lia Marliana S.Pd, M.Phil ; 2). Edi Puryanto, M.Pd,
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 23 Dec 2021 05:54
Last Modified: 23 Dec 2021 05:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21949

Actions (login required)

View Item View Item