ANALISIS KEBUTUHAN PELATIHAN STAFF PEMBIMBING KELAS (BINGLAS) SEBAGAI PEMBIMBING AKADEMIK PESERTA DIDIK DI BIMBINGAN BELAJAR BTA 8 DUTA

Firdaus Shafa, . (2018) ANALISIS KEBUTUHAN PELATIHAN STAFF PEMBIMBING KELAS (BINGLAS) SEBAGAI PEMBIMBING AKADEMIK PESERTA DIDIK DI BIMBINGAN BELAJAR BTA 8 DUTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (61kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (650kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (593kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
a. Bab 1.pdf

Download (226kB)
[img] Text
b. Bab 2.pdf

Download (532kB)
[img] Text
c. Bab 3.pdf

Download (263kB)
[img] Text
d. Bab 4.pdf

Download (913kB)
[img] Text
e. Bab 5.pdf

Download (57kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] Text
LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Secara umum penelitian ini mendeskripsikan analisis kebutuhan pelatihan untuk staff pembimbing kelas di Bimbingan Belajar BTA8 DuTA. Selain itu pelatihan ini juga bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pelatihan mengenai kebutuhan kompetensi Staff Binglas sebagai pembimbing akademik serta membuat usulan pelaksanaan pelatihan untuk Staff Binglas. Penelitian ini merupakan penelitian analisis deskriptif dengan pendekatan pendekatan kualitatif. Model Analisis kebutuhan pelatihan yang digunakan yaitu Competency Model Need Assesment (CMNA). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner menggunakan sampling jenuh dengan sampel 22 Binglas dan wawancara dilakukan kepada 3 Binglas dan 1 Koordinator Sektor. Hasil data dari pengumpulan data yang telah dihimpun kemudian diolah untuk dianalisis dan ditarik kesimpulan sesuai tujuan penelitian. Hasil kuisioner dianalisis melalui bantuan secara kuantitatif dengan analisis deskriptif serta wawancara kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kesenjangan pada sub variabel fungsi administrasi diantaranya pada aspek presensi peserta didik, aspek pengisian logbook, aspek pengisian rekap data pengajar, hingga aspek pembuatan rapot. Sedangkan dari sub variabel fungsi pelayanan dan informasi kesenjangan yang timbul adalah pada aspek informasi ragam jalur masuk SMA dan PTN, aspek informasi mengenai tips memilih program studi PTN dan aspek pelayanan kepada peserta didik maupun orangtua peserta didik. Alternatif intervensi pelatihan yang direkomendasikan yaitu Pelatihan 5R Awareness serta Pelatihan Informasi Umum SMA & PTN. Implikasi yang didapatkan yaitu acuan usulan dan prioritas pelaksanaan pelatihan yang dibutuhkan oleh Binglas BTA8 DuTA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Wirasti, S.IP., M.Si., 2) Diana Ariani, S.Pd., M.Pd.,
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 09 Dec 2019 14:19
Last Modified: 09 Dec 2019 14:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2197

Actions (login required)

View Item View Item