PEMBELAJARAN MUSIK UNTUK ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK NASIONAL 1 BEKASI

Laras Auspisia, . (2019) PEMBELAJARAN MUSIK UNTUK ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK NASIONAL 1 BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
02. ABSTRACT & ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
03. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (255kB)
[img] Text
04. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (180kB)
[img] Text
05. LEMBAR PUBLIKASI.pdf

Download (263kB)
[img] Text
06. KATA PENGANTAR.pdf

Download (55kB)
[img] Text
07. DAFTAR ISI.pdf

Download (61kB)
[img] Text
11a. BAB I.pdf

Download (867kB)
[img] Text
11b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB)
[img] Text
11c. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB)
[img] Text
11d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB)
[img] Text
11e. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran musik untuk anak ditinjau dari model pembelajaran musik Dalcroze, Kodaly, dan Orff. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode dekskriptif kualitatif. Tempat penelitian dilakukan di sekolah Taman Kanak�kanak Nasional 1 Bekasi. Waktu penelitian dilakukan pada bulan November 2018. Data yang dikumpulkan berdasarkan hasil dari observasi lapangan, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian Pembelajaran Musik untuk Anak di Taman Kanak-kanak Nasional 1 Bekasi yaitu materi yang digunakan dalam pembelajaran menyesuaikan usia dan kemampuan anak TK, dengan mengajarkan mengikuti irama pada lagu, mempelajari alat musik ritmis sederhana, guna memudahkan anak dalam menghafal dan berhasillnya tujuan pembelajaran musik dengan baik. Model pembelajaran musik yang digunakan yaitu model pembelajaran musik Dalcroze, Kodaly, dan Orff. Penerapan ketiga model pembelajaran tersebut tidak selalu berdiri sendiri, melainkan dalam beberapa pertemuannya menggabungkan 2 model pembelajaran sekaligus. Metode pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran musik yaitu metode demonstrasi, metode ceramah, dan metode discovery.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Rien Safrina, M.A, Ph.D ; 2). Dr. Tuti Tarwiyah, M.Si
Subjects: Seni Musik > Musik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2021 07:20
Last Modified: 28 Dec 2021 07:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22005

Actions (login required)

View Item View Item