Lydia Jelita Jobeline, . (2019) Kalimat Bermakna Motivasi Belajar pada Kalimat-kalimat Contoh dalam Buku Teks 《汉语教程》Hanyu Jiaocheng. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (330kB) |
|
Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (257kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (275kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (177kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (351kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (542kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (368kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (538kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (362kB) |
Abstract
Buku teks pelajaran dimaksudkan sebagai salah satu sumber belajar yang isinya disusun dan disajikan sedemikian rupa sehingga memudahkan pemelajar belajar dan termotivasi untuk terus belajar. Pada jenjang perguruan tinggi, pembelajaran bahasa Mandarin jauh berbeda dengan pembelajaran di tingkat sekolah menengah. Penulis meyakini bahwa dalam pembelajaran bahasa Mandarin di perguruan tinggi, mahasiswa membutuhkan lebih banyak motivasi terutama di tahun pertama. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi, sekaligus mendeskripsikan kalimat bermakna motivasi belajar yang terdapat dalam buku teks pembelajaran bahasa Mandarin 《汉语教程》secara kualitatif. Analisis kalimat dilakukan berdasarkan kriteria kalimat motivasi belajar, yaitu 1) memiliki fungsi motivasi yang dikemukakan oleh Sardiman, 2) mengandung faktor motivasi intrinsik atau ekstrinsik Uno, 3) memberikan nilai positif terhadap pembelajaran bahasa sasaran (Bsa) yang dikemukakan oleh Dörnyei, dan 4) menggunakan teknik motivasi dalam pembelajaran yang dikemukakan oleh Uno. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi yang bersumber pada kalimat-kalimat contoh di 3 buku teks yang dijadikan sampel penelitian yaitu《汉语教程》第一册上、下 dan 第二册上. Penelitian lalu dilanjutkan dengan mencatat pada kartu data yang terdapat pada lampiran yang dilakukan oleh penulis sebagai peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 72 kalimat contoh pada buku teks 《汉语教程》第一册上、下 dan 第 二册上 yang teridentifikasi memiliki makna motivasi belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Susi Andriani, S.S., M.TCSOL ; 2). Hudiyekti Prasetyaningtias, S.S., M.Ed |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Mandarin |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 28 Dec 2021 09:25 |
Last Modified: | 28 Dec 2021 09:25 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22011 |
Actions (login required)
View Item |