Keterampilan Membaca Teks Bahasa Arab tanpa Syakkal Melalui Teks Berwarna pada Mahasiswa Tahun Ketiga Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta

Mira Hikmalasari, . (2019) Keterampilan Membaca Teks Bahasa Arab tanpa Syakkal Melalui Teks Berwarna pada Mahasiswa Tahun Ketiga Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (517kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (550kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (245kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (317kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (592kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (318kB)
[img] Text
Lembar Orisinalitas.pdf

Download (221kB)
[img] Text
Lembar persetujian.pdf

Download (219kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang keterampilan membaca teks bahasa arab tanpa syakkal melalui teks berwarna pada Mahasiswa tahun ketiga Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik, yang didasarkan pada analisis keterampilan membaca teks bahasa arab tanpa syakkal melalui teks berwarna pada Mahasiswa tahun ketiga, dan jumlah sampel terdiri dari 20 Mahasiswa. Pengambilan data ini dilakukan secara acak. Peneliti melakukan penelitian ini sebanyak dua kali. Yaitu teks pertama (teks tanpa syakkal) dan teks kedua (teks berwarna). Berdasarkan hasil analisis teks pertama terdapat 883 kesalahan dan teks kedua terdapat 170 kesalahan dari total 2.660 jawaban mahasiswa. Kesalahan tersebut terbagi dalam 7 jenis, yaitu : (1) kesalahan dalam hal isim marfu’ sebanyak 206 kesalahan pada teks pertama dan 25 kesalahan pada teks kedua, (2) kesalahan dalam hal isim manshub sebanyak 235 kesalahan pada teks pertama dan 15 kesalahan pada teks kedua, (3) kesalahan dalam hal isim majrur sebanyak 292 kesalahan pada teks pertama dan 96 kesalahan pada teks kedua, (4) kesalahan dalam hal fiil mabni sebanyak 45 kesalahan pada teks pertama dan 25 kesalahan pada teks kedua, (5) kesalahan dalam hal fiil marfu’ sebanyak 21 kesalahan pada teks pertama dan 3 kesalahan pada teks kedua, (6) kesalahan dalam hal fiil manshub sebanyak 58 kesalahan pada teks pertama dan 4 kesalahan pada teks kedua, (7) kesalahan dalam hal fiil majzum sebanyak 26 kesalahan pada teks pertama dan 2 kesalahan pada teks kedua. Dari kesalahan tersebut telah disebutkan kesalahan terbanyak terjadi pada teks tanpa syakkal dibandingkan dengan jumlah kesalahan pada teks berwarna. Perbandingan ini menunjukkan bahwa teks berwarna dapat membantu mahasiswa untuk membaca dengan benar dan baik. Dan teks berwarna dapat mengatasi keterbelakangan membaca dalam kesalahan memberi syakkal pada kata.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Shafruddin Tajuddin, M.A ; 2). Ahmad Marzuq, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 29 Dec 2021 07:24
Last Modified: 29 Dec 2021 07:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22021

Actions (login required)

View Item View Item