EFEKTIFITAS BELAJAR PASSING BERPASANGAN DAN PASSING MENGGUNAKAN MEDIA TARGET UNTUK MENINGKATKAN TEKNIK PASSING PADA EKSTRAKURIKULER RUGBY SMA DARUNNAJAH JAKARTA SELATAN

ANDIKA YUDISTIRA PRATAMA, . (2019) EFEKTIFITAS BELAJAR PASSING BERPASANGAN DAN PASSING MENGGUNAKAN MEDIA TARGET UNTUK MENINGKATKAN TEKNIK PASSING PADA EKSTRAKURIKULER RUGBY SMA DARUNNAJAH JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (20kB)
[img] Text
2. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (485kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (479kB)
[img] Text
5. Ringkasan.pdf

Download (139kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (145kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (410kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf

Download (512kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (88kB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mencari dan menemukan metode mana yang lebih signifikan dalam memberikan kontribusi pada peningkatan teknik passing, dengan menggunakan metode passing berpasangan dan passing menggunakan media target. Penelitian ini dilakukan pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Rugby SMA Darunnajah Jakarta Selatan dengan total sampel 30 orang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan membandingkan antara dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen 1 yaitu kelompok passing berpasangan 15 orang dan kelompok eksperimen 2 kelompok passing menggunakan media target 15 orang sebagai pembandingnya sehingga setelah diadakan latihan atau perlakuan akan terlihat pengaruhnya dari latihan tersebut. Terjadi peningkatan hasil kemampuan teknik dasar passing setelah diberikan metode belajar passing berpasangan dengan nilai t-hitung 9.69 lebih besar dari t-tabel 2.14. selain itu, juga terjadi peningkatan hasil kemampuan teknik dasar passing setelah diberikan metode belajar passing menggunakan media target dengan nilai t-hitung 8.17 lebih besar dari t-tabel 2.14. Terjadi peningkatan yang lebih signifikan dengan metode belajar passing berpasangan. Dapat disimpulkan bahwa belajar passing berpasangan lebih efektif dibandingkan belajar passing menggunakan media target untuk meningkatkan hasil keterampilan passing pada siswa ekstrakurikuler Rugby SMA Darunnajah Jakarta Selatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Iwan Barata M.Pd. ; 2). Drs. Oman Unju Subandi, M.Pd.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 04 Jan 2022 07:34
Last Modified: 07 Jun 2022 05:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22049

Actions (login required)

View Item View Item