PERAN IBU BEKERJA PARUH WAKTU DI PASAR DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI

TITA NORMAGITA, . (2021) PERAN IBU BEKERJA PARUH WAKTU DI PASAR DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (804kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (349kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy

Abstract

PERAN IBU BEKERJA PARUH WAKTU DI PASAR DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI (Studi Kasus pada Anak Usia 5-6 tahun di Pasar Sekaran Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan Jawa Timur) Tita Norma Gita Pascasarjana Pendidikan Anak Usia Dini ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran ibu bekerja paruh waktu dalam menumbuhkan kemandirian anak usia 5-6 tahun. Subjek penelitian adalah 2 ibu dan 2 anak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, wawancara, observasi, catatatan lapangan.teknik analisis data yang digunakan adalah Cambpell Hasil penelitian ini ada berbagai fokus yang bisa di uraikan antara lain: 1) peran ibu bekerja paruh waktu yakni ibu berperan sebagai pendidik bagi anak, ibu berperan sebagai pemenuhan kebutuhan dasar bagi anak, 2) pola asuh ibu bekerja paruh waktu di pasar sekaran yakni demokratis dan otoriter, 3) dimensi kemandirian anak usia 5-6 tahun antara lain mandiri secara perilaku, mandiri secara nilai dan mandiri secara emosi, 4) faktor yang mempengaruhi kemandirian anak usia 5-6 tahun yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor –faktor internal terdiri faktor fisiologis atau jenis kelamin antara laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan dalam hal kemandirian. Faktor psikologis yakni faktor kemampuan kognitif yang ada dalam diri anak. faktor-faktor eksternal meliputi lingkungan, rasa cinta dan kasih sayangorangtua kepada anaknya, gaya pengasuhan orangtua, faktor pengalaman dalam kehidupan yang di lakukan oleh anak, 5) strategi ibu bekerja paruh waktu di pasar sekaran dalam menumbuhkan kemandirian anak usia 5-6 tahun yakni Orangtua menerapkan pembiasaan pada anak merupakan cara efektif dalam pembentukan kepribadian anak dapat dilakukan melalui pembiasaan. Awalnya pembiasaan dapat dilakukan dari peniruan dan pengulangan yang dilakukan di bawah bimbingan orangtua. Apabila dilakukan secara berkelanjutan maka akan menjadi kebiasaan yang tidak dapat ditinggalkan. Kebiasaan yang dilakukan orangtua saat menumbuhkan kemampuan kemandirian anak misalnya membiasakan anak bangun pagi, membiasakan anak untuk tidak manja, membiaskan anak berangkat sekolah tepat waktu, membiasakan anak untuk pergi dan pulang dengan sendiri,membiasakan anak tidak bergantung pada orang lain, membiasakan anak membereskan kepentinganya sendiri, membiasakan anak disiplin dengan waktu dan lain sebagainya selajutnya Orangtua menerapkan komunikasi dan bimbingan pada anak. Kualitas hubungan antara orangtua dan anak ditentukan oleh baik atau buruknya komunikasi. Anak usia dini memiliki rasa ingin tahu yang kuat. Anak usia dini akan sering-sering bertanya kepada orangtua yang anak anggap orangtua lebih tahu darinya. Apabila anak merasa didengarkan oleh orangtua akan merasa nyaman. Hal tersebut membuat anak untuk menceritakan segala hal dan orangtua mampu menyampaikan pesan kepada anak dan diterima dengan baik. Kata Kunci : kemandirian anak, ibu bekerja paruh waktu di pasar THE ROLE OF WOMEN WORKING PART-TIME IN THE MARKET IN GROWING INDEPENDENCE OF EARLY CHILDREN (Case Study on Children aged 5-6 years in Sekaran Market, Sekaran District, Lamongan Regency, East Java) Tita Norma Gita Postgraduate Early Childhood Education ABSTRACT This study aims to describe the role of part-time working mothers in fostering the independence of children aged 5-6 years. The research subjects were 2 mothers and 2 children. The research method used is qualitative research with case studies. Data collection was done by means of documentation, interviews, observations, field notes. Data analysis techniques used were Cambpell . The results of this study have various focuses that can be described, including: 1) the role of part-time working mothers, namely the mother acting as an educator for children, the mother playing a role as fulfilling the basic needs of the child, 2) parenting the mother works part time in today's market, namely democratic and authoritarian, 3) the dimensions of independence of children aged 5-6 years include independent behavior, value and emotionally independent, 4) factors that affect the independence of children aged 5-6 years, namely internal factors and external factors. Internal factors consisting of physiological factors or sex between men and women have differences in terms of independence. Psychological factors, namely cognitive abilities that exist in children. External factors include the environment, the love and affection of parents for their children, parenting style, experience factors in the child's life, 5) the strategy of mothers working part time in the market now in fostering the independence of children aged 5-6 years, namely parents. applying habituation to children is an effective way of shaping children's personality through habituation. Initially habituation can be done from imitation and repetition which is done under the guidance of parents. If done continuously, it will become a habit that cannot be abandoned. Habits carried out by parents when developing children's independence skills include getting children to get up early, getting children to not be spoiled, getting children to go to school on time, getting children to go and going home by themselves, getting children to not depend on others, getting children to take care of their own interests. , familiarize children with discipline with time and so forth. Parents apply communication and guidance to children. The quality of the relationship between parents and children is determined by good or bad communication. Early childhood has a strong curiosity. Early childhood will often ask parents who children think their parents know better than them. If the child feels heard by the parents, he will feel comfortable. This allows children to tell everything and parents are able to convey messages to children and be accepted well. Keywords: child independence, mother working part time

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). DR. NURBIANA DHIENI.,M.Psi.; 2). DR. SRI WULAN.,M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 9565 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2022 02:27
Last Modified: 05 Jan 2022 02:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22051

Actions (login required)

View Item View Item