MODEL PEMBELAJARAN PASSING ATAS BOLA VOLI MELALUI PERMAINAN PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

AYU SARASWATI, . (2019) MODEL PEMBELAJARAN PASSING ATAS BOLA VOLI MELALUI PERMAINAN PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (115kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (92kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN (SCAN).pdf

Download (267kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS (SCAN).pdf

Download (285kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (120kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (174kB)
[img] Text
11.a. BAB 1.pdf

Download (59kB)
[img] Text
11.b. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text
11.c. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text
11.d. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
11.e. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)

Abstract

Latar belakang dari penulisan skripsi ini adalah kurang antusiasnya siswa saat melaksanakan materi pembelajaran bola voli kususnya passing atas, karena kekhawatiran siswa dan takut terkilir saat melakukannya, gerakan terlihat mudah namun sulit untuk dilakukan, sarana yang kurang memadai seperti jumlah bola tidak sesuai dengan jumlah siswa yang ada. Potensi dan masalah menjadi perhatian dalam penelitian ini sehingga terfikirkan peneliti untuk mengembangkan model pembelajaran passing atas bola voli melalui permainan pada siswa sekolah menengah atas. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan passing atas bola voli dan sebagai referensi guru yang diharapkan model tersebut dapat digunakan saat melaksanakan pembelajaran bola voli. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah model Borg & Gall dalam buku Sugiyono. Peneliti melakukan validasi atau uji kelayakan model kepada dua orang ahli yang terdiri dari ahli permainan bola voli dan ahli model pembelajaran. terdapat 16 model yang layak dari 20 model yang ada sehingga layak untuk diuji cobakan. Penelitian ini dilakukan pada 2 sekolah yang berbeda, dengan mengambil sampel 1 kelas disetiap sekolah, teknik sampel yang diambil adalah random sampling. Uji coba model dilakukan di SMAN 75 Jakarta dengan jumlah sampel 15 orang. Lalu dilakukan uji coba produk dari hasil model yang telah diuji cobakan sebelumnya, uji coba produk dilakukan di SMAN 102 Jakarta dengan jumlah sampel 30 orang. Data diambil dengan cara memberikan angket kuesioner kepada siswa untuk mengetahui apakah model yang dibuat menarik dan mudah untuk dilakukan. Hasil kuesioner yang diberikan pada siswa SMAN 75 yaitu kemudahan 66,92% dan kemenarikan 75,67%. Hasil kuesioner SMAN 102 yaitu kemudahan 66,88% dan kemenarikan 76,92%. Hasil akhir dalam penelitian ini adalah berupa buku yang diharapkan mampu menjadi referensi guru dalam melaksanakan pembelajaran khususnya passing atas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Iwan Setiawan, M.Pd ; 2). Del Asri, S.Si, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga > Voli
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 06 Jan 2022 06:23
Last Modified: 06 Jan 2022 06:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22093

Actions (login required)

View Item View Item