NOFIANI ANNISA ROSIFA, . (2019) Ragam “Corrective Feedback” pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Prancis dalam Mata Kuliah Praktik Keterampilan Mengajar di SMA Pelita Tiga Rawamangun Semester 105. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
01. COVER.pdf Download (218kB) |
|
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (406kB) |
|
Text
03. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (492kB) |
|
Text
05. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (253kB) |
|
Text
07. KATA PENGANTAR.pdf Download (265kB) |
|
Text
08. DAFTAR ISI.pdf Download (239kB) |
|
Text
11 a. BAB I.pdf Download (216kB) |
|
Text
11 b. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) |
|
Text
11 c. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
|
Text
11 d. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) |
|
Text
11 e. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (268kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ragam corrective feedback yang digunakan oleh mahasiswa Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) Prodi Pendidikan Bahasa Prancis (Prodi PBP) pada semester 105 di SMA Pelita Tiga Rawamangun. Lingkup penelitian ini berfokus pada keterampilan memberikan corrective feedback yang diterapkan mahasiswa PKM Prodi. Data penelitian ini adalah ragam corrective feedback yang dilakukan oleh tiga mahasiswa PKM Prodi PBP selama praktik di sekolah. Untuk mendapatkan data dan informasi yang relevan, peneliti menggunakan metode pengamatan kelas atau Classroom Research Observation. Pada metode ini, teknik yang dipergunakan yaitu: observasi dan dokumentasi melalui rekaman video performa mengajar mahasiswa PKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Kriteria analisis dalam penelitian ini mengacu pada teori ragam umpan balik atau corrective feedback yang dinyatakan oleh Panova dan Lyster dalam Brown (2007, p.277-278) bahwa ragam umpan balik atau corrective feedback terdiri dari 6 jenis, yaitu; 1. Explicit correction ; 2. Recast ; 3. Clarification request ; 4. Metalinguistic clue ; 5. Elicitation, dan ; 6. Repetition. Untuk mempertanggungjawabkan keabsahan data, penelitian ini menggunakan triangulasi teknik untuk menjaga validitas internal. Hasil analisis menunjukkan bahwa lima dari enam ragam corrective feedback digunakan oleh mahasiswa Prodi PBP tersebut. Dari ragam corrective feedback, penggunaan recast merupakan ragam paling banyak ditemukan, yakni sebanyak 35%. Sementara itu, ragam corrective feedback yang sama sekali tidak muncul pada penelitian ini adalah ragam metalinguistic clue dengan presentase 0%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | Ratna, S.Pd, M.Hum. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 02:56 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 02:56 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22132 |
Actions (login required)
View Item |