PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI: (Penelitian Eksperimen di Universitas Cokroaminoto Palopo Sulawesi Selatan)

ETIK, . (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI: (Penelitian Eksperimen di Universitas Cokroaminoto Palopo Sulawesi Selatan). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB1.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dengan tipe cooperative script (CS) dan kemampuan berpikir kritis/kreatif terhadap keterampilan menulis teks eksposisi pada mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Cokroaminoto Palopo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimental design yang menggunakan rancangan faktorial 2x2. Hasil penelitian dianalisis menggunakan desain Anava dua jalur pada taraf signifikan 0,05. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh sebanyak 68 Mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil menulis teks eksposisi mahasiswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dari pada mahasiswa yang belajar dengan tipe CS; (2) hasil belajar keterampilan menulis teks eksposisi mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis lebih baik dari pada mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif; (3) terdapat pengaruh interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif dan kemampuan berpikir terhadap keterampilan menulis teks eksposisi pada mahasiswa; dan (4) hasil belajar keterampilan menulis teks eksposisi pada mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik daripada tipe CS.************This study aims at finding out the effect of Number Head Together (NHT) type and Cooperative Script (CS) type of cooperative learning (creative and critical thinking ablity) toward skill of writing exposition texts at second semester students of Indonesian Language and Literature Education Study Program Cokrominoto University Palopo. This study used a quantitative research approach with experimental method that used 2x2 factorial design. The test result of the writing texts exposition and thinking ability were analyzed by using a two- way ANAVA design with 0.05 significance level. The sample of this study used a sampling surfeited technique as 68 students. The results of this study shown (1) Students writing text exsposition used Cooperative Learning type Number Head Together (NHT) more effective then students used Cooperative Script (CS) (2) students writing text exposition more have critical thinking then creative thinking. (3) There is the effect of cooperative learning and the ability of thinking toward writing text exposition to the students. And (4) students writing text exposition used Number head together (NHT) Style more critical thinking then students used Cooperative Script (CS).

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Ninuk Lustyantie, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik
Divisions: PASCASARJANA > S3 Linguistik Terapan
Depositing User: pasca .
Date Deposited: 17 Jan 2022 02:23
Last Modified: 17 Jan 2022 02:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22167

Actions (login required)

View Item View Item