PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL SLIDE POWERPOINTTERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS X JURUSAN PEMASARAN SMK NEGERI 41 JAKARTA

Sagita Rizkyah Lestari, . (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL SLIDE POWERPOINTTERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS X JURUSAN PEMASARAN SMK NEGERI 41 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (55kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (272kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (250kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (160kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (184kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (247kB)
[img] Text
10.a BAB 1.pdf

Download (459kB)
[img] Text
10.b BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
10.c BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[img] Text
10.d BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[img] Text
10.e BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)

Abstract

Proses pembelajaran bahasa Mandarin yang menarik membutuhkan suatu media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa. Media pembelajaran yang sesuai dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk memperoleh hasil yang maksimal terutama pada proses pembelajaran bahasa yang mencakupi empat keterampilan berbahasa yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan media audiovisual Slide PowerPoint pada keterampilan berbicara siswa kelas X jurusan Pemasaran dan membuktikan bahwa penggunaan media audiovisual Slide PowerPoint berpengaruh pada keterampilan berbicara bahasa Mandarin siswa kelas X jurusan Pemasaran di SMK Negeri 41 Jakarta. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode eksperimen kuasi dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 41 Jakarta yang berjumlah 252 siswa. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan Pemasaran yang berjumlah 68 siswa. Kelas X Pemasaran 2 yang terdiri dari 34 siswa bertindak sebagai kelas eksperimen dan kelas X Pemasaran 1 yang terdiri dari 34 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan tes keterampilan berbicara dan wawancara sebagai instrumen penelitian. Data penelitian diperoleh dari skor keterampilan berbicara bahasa Mandarin pada pretest dan posttest. Setelah dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan teknik Independent Sampels T-Test, diperoleh nilai probabilitas (p value) sebesar 0,011 pada taraf signifikansi p < 0,05, sehingga H1 diterima dan H0 ditolak karena 0,011 < 0,05. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media audiovisual Slide PowerPoint berpengaruh positif terhadap keterampilan berbicara bahasa Mandarin siswa kelas X jurusan Pemasaran SMK Negeri 41 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Rizky Wardhani, S.S., MTCSOL ; 2). Aprilia Ruby Wikarti, M.A.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 18 Jan 2022 08:08
Last Modified: 18 Jan 2022 08:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22192

Actions (login required)

View Item View Item