PENGARUH METODE THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA WEBTOON TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK PADA SISWA KELAS XI MAN 3 JAKARTA

SATRIA ARIF NUGRAHA, . (2019) PENGARUH METODE THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA WEBTOON TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK PADA SISWA KELAS XI MAN 3 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (162kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (273kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (222kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (266kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode think pair share dengan media webtoon terhadap keterampilan menulis teks drama satu babak, khususnya pada siswa kelas XI MAN 3 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di MAN 3 Jakarta pada semester ganjil tahun ajaran 2018-2019, tepatnya pada bulan Juli 2018. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan secara acak untuk mendapatkan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Tiap kelas terdiri atas 30 siswa. Uji persyaratan analis dilakukan melalui uji normalitas, dan uji homogenitas. Untuk uji normalitas digunakan uji Lilifors. Dari hasil perhitungan, diperoleh Lo untuk kelas eksperimen sebesar 0,138 dan Lo untuk kelas kontrol sebesar 0,128. Lt yang didapat pada taraf signifikan 0,05 sebesar 0,161. Dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal karena Lo<Lt. Untuk uji homogenitas digunakan uji Barlett. Dari hasil perhitungan diperoleh sebesar 0,293. Berdasarkan daftar distribusi kuadrat dengan dk = 58 dengan taraf signifikan 1-α = 0,05 diperoleh sebesar 3,84. Dapat disimpulkan bahwa sampel memiliki varians yang homogen. Hasil uji hipotesis dengan rumus uji-t diperoleh sebesar 12,956 pada dk = 58 dan taraf signifikan 0,05 diperoleh sebesar 2,001. Dari data hasil penelitian diketahui bahwa hipotesis nol ditolak, yaitu terdapat pengaruh metode think pair share dengan media webtoon terhadap keterampilan menulis teks drama satu babak. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui pula kelas eksperimen mencapai kenaikan rata – rata lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Kenaikan pada kelas eksperimen sebesar 33.9 angka dari rata-rata tes awal sebesar 48.8 dan 82.7 pada tes akhir, sedangkan kenaikan nilai pada kelas kontrol mencapai angka 22.3 dari nilai rata-rata tes awal 50.4 dan 72.7 pada tes akhir. Dengan melihat kriteria yang telah dijelaskan sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode think pair share dengan media webtoon terhadap keterampilan menulis teks drama satu babak pada siswa kelas XI MAN 3 Jakarta diterima. Implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia, guru dapat mengembangkan metode think pair share dengan media webtoon dalam materi pembelajaran menulis teks cerita pendek.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Reni Nur Eriyani, M. Pd ; 2). N. Lia Marliana, S. Pd., M. Phil (Ling)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2022 03:06
Last Modified: 24 Jan 2022 03:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22206

Actions (login required)

View Item View Item