PENGEMBANGAN MATERI AJAR IMLAK BAGI PEMULA DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Sheila Cici Arintya, . (2019) PENGEMBANGAN MATERI AJAR IMLAK BAGI PEMULA DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text
COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (143kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (378kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (66kB)
[img] Text
LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (548kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku bahan ajar Imlak sebagai bahan ajar pada mata kuliah Imlakuntuk membantu mahasiswa memahami materi-materi yang terdapat dalam buku ajar dan juga membantu meningkatkan kemampuan menulis mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Peneliti membatasi langkah metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu dengan langkah (1) Analisis (Analyze), (2) Desain dan Pengembangan (Design and Development), (3) Penilaian Evaluasi. Berdasarkan analisis kebutuhan terhadap bahan ajar, peneliti membagikan instrumen kebutuhan kepada mahasiswa. Dalam tahap desain dan pengembangan, peneliti mengumpulkan materi terkait mata kuliah Imlak. Peneliti menentukan standar kompetensi dari materi ajar yang dikembangkan. Setelah tahap desain dan pengembangan, dilakukan proses penilaian dan evaluasi dari dua orang ahli. Penilaian produk juga dilakukan oleh sepuluh mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Arab terhadap buku ajar yang dikembangkan. Respons ahli bahasa terhadap buku bahan ajar Imlak, memperoleh hasil peniliain 87,6 yang termasuk kategori Istimewa. Respons ahli materi kedua, memperoleh hasil penilaian 75,7 yang termasuk kategori Sangat baik. Rata-rata tingkat penilaian dari para ahli penelaah materi adalah 81,7 termasuk kategori sangat baik. Dengan demikian, maka buku pengembangan materi Imlak bagi pemula yang dikembangkan sangat baik dan layak digunakan sebagai referensi materi ajar dalam mata kuliah Imlak. Adapun respons mahasiswa terhadap model bahan ajar Imlak, memperoleh hasil penilaian 86,1 yang termasuk kategori Istimewa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Syamsi Setiadi,M.Pd ; 2). Drs. M.Aziz Ritonga,M.A
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 24 Jan 2022 05:18
Last Modified: 24 Jan 2022 05:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22210

Actions (login required)

View Item View Item