EFEKTIVITAS MEDIA E-LEARNING BERBASIS EDMODO TERHADAP MATA KULIAH BUNPOU I(Penelitian Eksperimen pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta Tahun Akademik 2018/2019)

SUKESTA MOHAMAD, . (2019) EFEKTIVITAS MEDIA E-LEARNING BERBASIS EDMODO TERHADAP MATA KULIAH BUNPOU I(Penelitian Eksperimen pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta Tahun Akademik 2018/2019). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
0_Cover.pdf

Download (76kB)
[img] Text
1_Abstrak (Indonesia).pdf

Download (35kB)
[img] Text
4_Kata Pengantar.pdf

Download (93kB)
[img] Text
5_Daftar Isi.pdf

Download (138kB)
[img] Text
9_BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] Text
10_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text
11_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
12_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
13_BAB V.pdf

Download (40kB)
[img] Text
14_Daftar Pustaka.pdf

Download (160kB)
[img]
Preview
Image
Lembar Pengesahan.jpg

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Image
Lembar Pernyataan Publikasi.jpg

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Image
Lembar Pernyataan.jpg

Download (263kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran berkembang dari waktu ke waktu seiring dengan perkembangan teknologi. Terlebih dengan hadirnya internet, kini media pembelajaran menjadi semakin variatif dengan kelebihannya yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Dengan demikian, peserta didik dapat mengakses pembelajaran dari mana saja dan kapan saja, atau dalam dunia pendidikan dikenal dengan e-learning. Dalam mempelajari bahasa Jepang, mahasiswa sering menemui kesulitan pada pola kalimat yang sangat beragam fungsi dan penggunaannya. Apabila dilihat dari perkembangan media pembelajaran dan adanya kesulitan dalam mempelajari bahasa Jepang, penulis membuat penelitian menggunakan media e�learning berbasis Edmodo pada pembelajaran Bunpou I. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media e-learning berbasis Edmodo pada pembelajaran Bunpou dan untuk mengetahui tanggapan mahasiswa mengenai penggunaan media e-learning berbasis Edmodo terhadap pembelajaran Bunpou I. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan metode true experimental, dengan desain pre test post test control group design yang menyertakan kelas kontrol sebagai pembanding. Kelas kontrol pada penelitian ini diberikan perlakuan dengan menggunakan media e-learning berbasis Android. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Bunpou I pada semester 109 tahun 2018 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FBS UNJ dengan sampel untuk kelas eksperimen adalah kelas A dan untuk kelas kontrol adalah kelas B. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes berupa pretest - posttest, dan non tes berupa angket. Berdasakan hasil analisis data, dapat diketahui bahwa pembelajaran menggunakan media e-learning berbasis Edmodo terhadap mata kuliah Bunpou I memperoleh thitung sebesar -0,621 yang lebih kecil dari ttabel sebesar 2,021 pada taraf signifikansi 0,05 (5%) dengan df 40. Sehingga thitung< ttabel (0,621 < 2,021). Dengan demikian tidak ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran Bunpou I menggunakan media e-learning berbasis Edmodo dengan media e-learning berbasis Android. Kemudian pada kelas eksperimen menghasilkan n-gain 0,67 yang berarti tingkat efektivitasnya ada pada kriteria sedang. Sedangkan pada kelas kontrol menghasilkan n-gain 0,69 yang berarti tingkat efektivitasnya juga ada pada kriteria sedang. Lalu nilai efektifitas yang diperoleh dari hasil perbandingan n-gain kelas eksperimen dan kontrol adalah 0,97 (0,97 < 1). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media e-learning berbasis Edmodo memiliki tingkat efektifitas yang lebih rendah dibanding media e-learning berbasis Android. Namun, berdasarkan data angket yang disebar kepada mahasiswa kelas eksperimen menyatakan bahwa mahasiswa senang menggunakan media e-learning berbasis Edmodo, terlihat dari index % sebesar 60,86%, yang berarti mahasiswa menyetujui pernyataan tersebut. Kemudian, mahasiswa juga menyetujui pernyataan bahwa pembelajaran Bunpou I dengan menggunakan media e-learning berbasis Edmodo menarik, dibuktikan dengan hasil interpretasi data angket sebesar 60,86%. Dengan demikian Edmodo dapat menjadi salah satu e-learning yang dapat digunakan untuk memaksimalkan kegiatan belajar mengajar di kemudian hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dwi Astuti Retno Lestari, M.Si., M.Ed ; 2). Eky Kusuma Hapsari, M.Hum
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 24 Jan 2022 10:26
Last Modified: 20 Jul 2022 02:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22229

Actions (login required)

View Item View Item