PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI PAHAMIFY TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XII IPS SMAN 31 JAKARTA

PUTRIANA FANDANI, . (2021) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI PAHAMIFY TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XII IPS SMAN 31 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (994kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (372kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan media pembelajaran aplikasi Pahamify terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran geografi kelas XII IPS di SMAN 31 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif melalui pendekatan kuasi eksperimen dengan desain pre-test & post-test control group. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling. Adapun sampel pada penelitian ini yaitu kelas XII IPS 3 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran aplikasi Pahamify dan kelas XII IPS 2 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran PowerPoint dan video pembelajaran dari sumber yang berbeda. Media pembelajaran aplikasi Pahamify berisi video materi, kuis, ringkasan, serta fitur lainnya yang memudahkan peserta didik belajar secara mandiri. Data yang diperoleh berasal dari nilai soal Pre-Test dan Post-Test yang berbentuk pilihan ganda pada materi Interaksi Keruangan Desa dan Kota. Soal tersebut diberikan pada kedua kelas sebelum dan sesudah masa pembelajaran. Kegiatan pembelajaran ditempuh selama 8 pertemuan. Kemudian, data lainnya diperoleh dari hasil angket yang diberikan pada kelas eksperimen serta lembar observasi guru dan peserta didik selama kegiatan pembelajaran. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dibagi menjadi 3, yaitu uji instrumen, uji persyaratan analisis data, dan uji analisis data. Setelah instrumen penelitian sudah melewati uji validitas dan uji reliabilitas, dan data telah dinyatakan normal dan homogen, data memasuki uji analisis data. Analisis yang dilakukan adalah uji persamaan dua rata-rata dengan menggunakan independent sample t-test. Berdasarkan dari hasil pengujian data, hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari media pembelajaran aplikasi Pahamify terhadap hasil belajar kognitif peserta didik di kelas XII IPS 3 SMA Negeri 31 Jakarta. Perolehan rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 83,8 dan kelas kontrol sebesar 78,7. Analisis data menggunakan uji Independent Sample T-Test dari data hasil perhitungan diperoleh taraf signifikansi (Sig.) sebesar 0,00 karena signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Aplikasi Pahamify, Hasil Belajar Kognitif ****** The purpose of this research is to find the effect of Pahamify application learning media on cognitive learning outcomes of geography subject at class XII IPS SMAN 31 Jakarta. This study uses a quantitative descriptive method through a quasi experiment approach with a pre-test & post-test control group design. The sample was taken by using simple random sampling. The sample in this study were students in class XI I IPS 3 as the experimental class who were given the treatment of Pahamify application learning media and class XII IPS 2 as controls who were treated with PowerPoint and video learning media from different sources. The Pahamify application learning media contains learning videos, quizzes, summaries, and other features that make it easier for students to learn independently. The data in this research are acquired from Pre-Test and Post-Test with multiple choice question in the chapter of Rural�Urban Spacial Interaction. The test that are given to both classes before and after the learning period. The learning period is done within 8 meetings. Then, other data in this research are acquired from the results of questionnaires given to the experimental class and observation sheets of teachers and students during learning activities. The technic that is used to analyse the data is separated into 3 tests, which are instrument test, data analysis requirement test, and data analysis test. After the instrument has passed the validity and reliability test, and the data are normal and homogen, the data undergoes data analysis test. Data analysis test is using the Independent Sample T-Test Based on the data analysis test, there is a significant effect of the Pahamify application learning media on cognitive learning outcomes in class XII IPS 3 SMA Negeri 31 Jakarta. The average posttest score for the experimental class was 83,8 and the control class was 78.7. Data analysis test using the Independent Sample T-Test from the calculated data obtained a significance level (Sig.) of 0.00, because the significance is smaller than 0.05 (0.000 <0.05), so Ho is rejected and Ha is accepted. Keywords: Learning Media, Pahamify Application, Cognitive Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Muzani, M.Si. ; 2). Sony Nugratama Hijrawadi, M.Si.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 13074 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:41
Last Modified: 27 Jan 2022 03:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22244

Actions (login required)

View Item View Item