STRATEGI MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN PADA OBJEK WISATA SALIB KASIH DI DESA SIMORANGKIR JULU KECAMATAN SIATAS BARITA KABUPATEN TAPANULI UTARA PROVINSI SUMATERA UTARA

RIAMA KHO, . (2021) STRATEGI MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN PADA OBJEK WISATA SALIB KASIH DI DESA SIMORANGKIR JULU KECAMATAN SIATAS BARITA KABUPATEN TAPANULI UTARA PROVINSI SUMATERA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (466kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (449kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang dilakukan pengelola objek wisata Salib Kasih untuk meningkatkan kunjungan wisatawan pada Objek Wisata Salib Kasih di Desa Simorangkir Julu Kecamatan Siatas Barita Kabupaten Tapanuli Utara Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analitis dengan subjek penelitian yang terdiri dari Pengelola objek wisata, Pedagang, dan Wisatawan yang berkunjung ke Objek Wisata. Teknik Pengumpulan Data dengan pengambilan data primer yaitu observasi, angket penelitian, dan dokumentasi serta pengambilan data sekunder. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis mix method atau gabungan dari kuantitatif dan kualitatif dengan SWOT serta menggunakan aspek 3A (Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas), pemasaran POSE (Paid media, Own media, Social media, Endorser) serta Sumber daya manusia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kunjungan wisatawan maka perlu dilakukannya pengembangan pada objek wisata, oleh karena itu dilakukannya strategi SWOT untuk mengkaji aspek 3A, pemasaran POSE dan sumber daya manusia. Sehinga dapat disimpulkan strategi-strategi yang dilakukan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan yaitu melalui strategi SO, WO, ST, dan WT. Strategi SO yang dilakukan adalah dengan strategi pengembangan atraksi wisata seperti Gondang Batak. Strategi WO dengan strategi pengembangan aksesibilitas seperti perbaikan jalan, sarana prasarana seperti homestay dan kuliner, dan peningkatan Sumber daya manusia. Strategi ST dengan strategi pengelolaan pohon pinus berbasis ekologi dan memberikan pemahaman terhadap Raja huta marga Simorangkir atau disebut sebagai penguasa desa mengenai pengembangan objek Wisata. Dan melakukan Strategi WT dengan strategi membentuk kelompok sadar wisata serta melakukan implementasi melalui Branding dan pemasaran POSE Kata kunci : Strategi, Pengembangan, Meningkatakan, Wisatawan, Salib Kasih ********** This study aims to analyze the strategy carried out by the manager of the Salib Kasih tourist attraction to increase tourist visits to the Salib Kasih Tourism Object in Simorangkir Julu Village, Siatas Barita District, North Tapanuli Regency, North Sumatra Province. This study uses a descriptive analytical research method with research subjects consisting of tourism object managers, traders, and tourists who visit tourist objects. Data collection techniques with primary data collection are observation, research questionnaires, and documentation as well as secondary data collection. The data analysis technique uses a mix method analysis technique or a combination of quantitative and qualitative with SWOT and uses aspects of 3A (Attractions, Accessibility, Amenity), POSE marketing (Paid media, Own media, Social media, Endorser) and human resources. The results of this study indicate that to increase tourist visits, it is necessary to develop tourism objects, therefore a SWOT strategy is carried out to examine aspects of 3A, POSE marketing and human resources. So that it can be concluded that the strategies implemented to increase tourist visits are through the SO, WO, ST, and WT strategies. SO's strategy is to develop a tourism attraction strategy such as Gondang Batak. WO strategy with accessibility development strategies such as road repairs, infrastructure facilities such as homestays and culinary delights, and increasing human resources. ST strategy with pine tree management strategy based on ecology and providing an understanding of Raja huta clan Simorangkir or referred to as village authorities regarding the development of tourism objects. And carry out the WT Strategy with the strategy of forming a tourism awareness group and implementing it through POSE branding and marketing. Keywords: Strategy, Development, Increasing, Tourist, Cross of Love

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Sc. H.M. Ahman Sya, M.Pd.,M.Sc. ; 2). Dr. Ode Sofyan Hardi, M.Si.,M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 13113 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:49
Last Modified: 27 Jan 2022 03:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22253

Actions (login required)

View Item View Item