DESAIN DAN ANALISIS KEKUATAN PADA RANGKA KENDARAAN JENIS PROTOTYPE SESUAI STANDAR SHELL ECO MARATHON ASIA

Hafidz Salafuddin, . (2016) DESAIN DAN ANALISIS KEKUATAN PADA RANGKA KENDARAAN JENIS PROTOTYPE SESUAI STANDAR SHELL ECO MARATHON ASIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi hafidz salafuddin 5315117248 pendidikan teknik mesin 1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
JURNAL hafidz salafuddin 5315117248 pendidikan teknik mesin.pdf

Download (674kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat model rangka yang paling ringan dan kuat sesuai syarat yang diberlakukan oleh shell. Penelitian ini juga sebagai acuan bagi mahasiswa yang mengikuti ajang shell eco marathon untuk mendapatkan rangka yang ringan, kuat, sesuai dengan regulasi shell. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan metode komputasi yang dikenal dengan Finite Element Analysis (FEA) dengan bantuan software Autodesk Inventor. Dimensi tinggi kendaraan 700 mm, jarak antara roda depan 807,28 mm, jarak sumbu roda depan dengan belakang 1625,97 mm, lebar kendaraan 892,52 mm, dan panjang kendaraan 2538,28 mm. Dimensi kendaraan sesuai dengan regulasi shell. Simulasi dilakukan pada rancangan rangka yang berbeda yaitu hollow alluminium 40 x 20 mm tebal 2 mm, 40 x 20 mm tebal 3 mm, dan 50 x 30 mm tebal 2 mm. Ketiganya diberi beban dan tahanan yang sama yaitu 500 N pada tempat duduk pengemudi, 700 N pada roll bar, 200 N pada tempat mesin. Tahanan pada rangka yaitu dibagian roda depan dan roda belakang. Hasil menunjukan bahwa rangka 50 x 30 mm tebal 2 mm adalah rangka yang paling kuat dilihat dari nilai Safety factor 1,78 memiliki berat 6,6 kg

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eng. Agung Premono, M.T. ; 2). Ahmad Kholil, ST, MT
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 10 Dec 2019 15:27
Last Modified: 10 Dec 2019 15:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2226

Actions (login required)

View Item View Item