STUDENTS’ PERCEPTIONS TOWARD CRITICAL THINKING SKILLS: A SURVEY AT ENGLISH LANGUAGE EDUCATION STUDY PROGRAM OF UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA (UNJ

SYAHADATUNISA, . (2018) STUDENTS’ PERCEPTIONS TOWARD CRITICAL THINKING SKILLS: A SURVEY AT ENGLISH LANGUAGE EDUCATION STUDY PROGRAM OF UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA (UNJ. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (75kB)
[img] Text
02. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (93kB)
[img] Text
03. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (994kB)
[img] Text
04. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (374kB)
[img] Text
06. KATA PENGANTAR.pdf

Download (71kB)
[img] Text
07. DAFTAR ISI.pdf

Download (261kB)
[img] Text
11. a. Bab 1.pdf

Download (103kB)
[img] Text
11. b. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
11. c. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
11. d. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text
11. e. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti persepsi mahasiswa program studi pendidikan bahasa Inggris (PSPBI) mengenai pemahaman mereka dan penilaian diri atas kemampuan dan pembawaan berpikir kritis di dalam proses belajar mereka. Penelitian ini juga menyurvei persepsi mahasiswa dalam mendeskripsikan berpikir kritis dan aktifitas untuk menghasilkan kemampuan berpikir kritis. Sebuah metode campuran dengan kuesioner dipakai untuk mengumpulkan data. Kuesioner tersebut diadopsi dan dimodifikasi dari Struktur Facione (1990) dan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Orszag (2015) yang berisi atas enam kemampuan dan tujuh pembawaan berpikir kritis. Penelitian ini dilakukan terhadap 25 responden dari mahasiswa program studi pendidikan bahasa Inggris tahun 2014. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa responden memiliki perspektif yang sempit tetapi baik mengenai kemampuan berpikir kritis secara umum dan aktifitas untuk menghasilkan kemampuan berpikir kritis. Namun, mereka tidak sering mengimplementasikan kemampuan dan pembawaan yang membentuk berpikir kritis. Ditemukan bahwa mahasiswa PSPBI menilai bahwa kemampuan menginterpretasi dan mengatur diri sebagai kemampuan paling sering mereka aplikasikan, sedangkan pembawaan ingin tahu dan berpikiran terbuka sebagai pembawaan paling sering yang mereka lakukan untuk membentuk pikiran kritis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Sulastini M.A. ; 2). Lasito M.App. Ling
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 28 Jan 2022 03:31
Last Modified: 28 Jan 2022 03:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22273

Actions (login required)

View Item View Item