KETERAMPILAN BERTANYA GURU DALAM PENGAJARAN BAHASA PRANCIS PADA KELAS XI IPA SMA PELITA TIGA RAWAMANGUN

VENSKA SETYA LARASATI, . (2019) KETERAMPILAN BERTANYA GURU DALAM PENGAJARAN BAHASA PRANCIS PADA KELAS XI IPA SMA PELITA TIGA RAWAMANGUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (19kB)
[img] Text
02 ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (89kB)
[img] Text
03 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (119kB)
[img] Text
04 LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (91kB)
[img] Text
06 KATA PENGANTAR.pdf

Download (87kB)
[img] Text
07 DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
11 a BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
11 b BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
11 c BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
11 d BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
11 e BAB V.pdf

Download (227kB)
[img] Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis pertanyaan yang digunakan oleh guru dalam mengajar Bahasa Prancis kelas XI IPA tahun ajaran 2019 di SMA Pelita Tiga Rawamangun. Penelitian ini berfokus pada keterampilan dasar mengajar guru dalam memberikan pertanyaan kepada siswa. Pada penelitian ini, dilaksanakan 3 kali observasi dan 3 kali pengambilan data selama bulan Januari sampai Mei 2019. Dalam penelitian ini, teknik yang diterapkan adalah pengamatan kelas dengan observasi dan dokumentasi melalui rekaman video kegiatan belajar mengajar guru Bahasa Prancis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif-kualitatif. Kriteria analisis yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada teori Usman (2010:75), yakni: pertanyaan permintaan (compliance question), pertanyaan retorik (rhetorical question), pertanyaan mengarahkan atau menuntun (prompting question), dan pertanyaan menggali (probing question). Untuk mempertanggugjawabkan keabsahan data pada penelitian ini digunakan triangulasi teknik. Hasil analisis menunjukkan bahwa guru menerapkan keempat jenis pertanyaan tersebut dalam kegiatan belajar mengajar. Jenis pertanyaan yang sering digunakan guru adalah pertanyaan mengarahkan (prompting question) sebanyak 47%, kemudian pertanyaan menggali (probing question) sebanyak 41%. Sedangkan jenis pertanyaan permintaan (compliance question) hanya mencapai 4% dan pertanyaan retoris hanya mencapai 8%. Pemberian pertanyaan oleh guru diaplikasikan untuk mendapatkan perhatian siswa, mengetahui sejauh mana siswa memahami materi pelajaran serta mengembangkan cara berpikir siswa dalam kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Dian Savitri, M.Pd ; 2). Dr. Asti Purbarini, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 31 Jan 2022 03:23
Last Modified: 05 Oct 2022 05:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22303

Actions (login required)

View Item View Item