SITTA PUTRI Q.N, . (2017) PENGARUH ANTARA MOTIVASI, PLACE ATTACHMENT DAN SIKAP TERHADAP NIAT MENGUNJUNGI KEMBALI KEBUN RAYA BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI Sitta Putri Q.N..pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada pengunjung baik didalam maupun di sekitar lingkungan Kebun Raya Bogor (KRB) selama enam bulan terhitung sejak Januari 2017 sampai dengan Juni 2017. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan dengan variabel yang diuji yaitu motivasi wisatawan (X1) terhadap niat mengunjungi kembali Kebun Raya Bogor (Y), pengaruh positif dan signifikan place attachment (X2) terhadap niat mengunjungi kembali Kebun Raya Bogor (Y) serta pengaruh positif dan signifikan sikap wisatawan (X3) terhadap niat mengunjungi kembali Kebun Raya Bogor (Y), pada pengunjung baik didalam maupun di sekitar lingkungan Kebun Raya Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik convenience sampling sebanyak 240 wisatawan. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 62,265 + 0.639X1 untuk variabel motivasi wisatawan, Ŷ = 48,159 + 0.853X2 untuk variabel place attachment, Ŷ = 55,260 + 0.722X3 untuk variabel sikap wisatawan. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan menggunakan Uji Kolmogorov Smirnov dengan hasil pengujian dapat diketahui nilai Asymp. Sig niat mengunjungi kembali Kebun Raya Bogor (Y) sebesar 0,107, nilai Asymp. Sig motivasi wisatawan (X1) sebesar 0,225, nilai Asymp. Sig place attachment (X2) sebesar 0,265 dan nilai Asymp. Sig. Sikap wisatawan (X3) sebesar 0,403. Karena data mempunyai signifikansi lebih besar dari 0,05 maka data tersebut disimpulkan berdistribusi normal. Uji asumsi klasik menggunakan uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas menunjukkan bahwa tidak terjadi masalah multikoliniearitas dan heteroskedastisitas, sehingga dapat dikatakan bahwa persamaan regresi yang baik dan ideal dapat terpenuhi. Selanjutnya dilakukan uji t dan dihasilkan thitung 11.222> ttabel1,96 untuk motivasi wisatawan (X1), 13.953> ttabel1,96 untuk place attachment (X2), dan 10.271> ttabel1,96 untuk sikap wisatawan (X3). Dengan demikian, dapat disimpulkan hasil perhitungan uji t tersebut adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan dengan variabel yang diuji yaitu motivasi wisatawan (X1) terhadap niat mengunjungi kembali Kebun Raya Bogor (Y), pengaruh positif dan signifikan place attachment (X2) terhadap niat mengunjungi kembali Kebun Raya Bogor (Y) serta pengaruh positif dan signifikan sikap wisatawan (X3) terhadap niat mengunjungi kembali Kebun Raya Bogor (Y). Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 34,6% untuk motivasi (X1), 45% untuk place attachment (X2), dan 30,7% untuk sikap wisatawan (X3). This research is conducted on visitors both within and around the environment Bogor Botanical Gardens (KRB), for six months from Januari 2017 to June 2017. The purpose of this study was to determine whether there is a positive and significant influence on the motivation (X1) towards intention to revisit Bogor Botanical Garden (Y), positive influence and significant place attachment (X2) towards intention of revisit Bogor Botanical Garden (Y), and positive and significant influence attitude (X3) towards intention to revisit Bogor Botanical Gardens (Y), on visitors both within and around the environment Bogor Botanical Garden (KRB). The research method used is survey method with quantitative approach. The sampling technique used is convenience sampling technique as many as 240 visitors. The resulting regression equation is Ŷ = 62,265 + 0.639X1 for the motivation variable, Ŷ = 48,159 + 0.853X2 for place attachment variable, Ŷ = 55,260 + 0.722X3 for attitude variable. Testing analysis by Kolmogorov Smirnov test with the test results can be known Asymp value. Sig intention of revisit Bogor Botanical Garden is 0,107, Asymp value. Sig motivation (X1) of 0,225, Asymp value. Sig place attachment (X2) of 0,265 and Asymp value. Sig. attitude (X3) of 0,403. Because the data has a significance greater than 0.05 then the data is inferred normal distribution. Classic cropping test using multicollinearity test and heteroscedasticity test showed no multicollinearity and heteroscedasticity problem, so it can be said that good and ideal regression equation can be fulfilled. Then t test and tcount 11,222> ttable 1,96 for motivation (X1), 13,953> ttable 1,96 for place attachment (X2), and 10,271> ttable 1,96 for attitude (X3). Thus, it can be concluded the result of t test calculation there is a positive and significant influence on the motivation (X1) towards intention to revisit Bogor Botanical Garden (Y), positive influence and significant place attachment (X2) towards intention of revisit Bogor Botanical Garden (Y), and positive and significant influence Attitude (X3) towards intention to revisit Bogor Botanical Gardens (Y), The coefficient of determination increased by 34,6% for motivation (X1), 45% for place attachment (X2), and 30,7% for attitude (X3).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1)Usep Suhud, Ph.D. 2)Dita Puruwita, M.Si. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 31 Jan 2022 03:18 |
Last Modified: | 31 Jan 2022 03:18 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22305 |
Actions (login required)
View Item |