PEMEROLEHAN MORFOLOGI PADA KARANGAN SISWA KELAS V SD DI YAYASAN DINAMIKA INDONESIA

Zahra Aziza, . (2018) PEMEROLEHAN MORFOLOGI PADA KARANGAN SISWA KELAS V SD DI YAYASAN DINAMIKA INDONESIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (159kB)
[img] Text
SKRIPSI ZAHRA AZIZA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemerolehan morfologi pada karangan siswa kelas V SD di Yayasan Dinamika Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah siswa-siswa kelas V SD di Yayasan Dinamika Indonesia. Teori yang digunakan adalah pemerolehan morfologi dari Soenjono Dardjowidjojo. Adapun masalah yang diteliti dalam penelitian ini, yaitu mengenai pemerolehan morfologi pada karangan siswa kelas V SD di Yayasan Dinamika Indonesia. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam penelitian ini ditemukan bentuk-bentuk pemerolehan morfologi yang sudah sempurna diperoleh siswa kelas V SD di Yayasan Dinamika Indonesia, yaitu bentuk prefiks di-, afiks turunan pe-, pem-, peng-, penge-, peluluhan afiks pe-, afiks turunan bel-, juga bentuk konfiks dan kombinasi afiks, seperti pe-an, per-an, per-kan, ke-an, di-i, serta di-kan. Kemudian, siswa terlihat sudah mulai mampu menggunakan bentuk komposisi meskipun pemakaiannya masih terbatas. Sedangkan ditemukan pulan bentuk yang belum sempurna diperoleh siswa, yaitu bentuk prefiks ter-, se-, seluruh bentuk dari prefiks me- meliputi afiks turunannya (me-, men-, mem-, meng-, menge-, dan peluluhan afiks me-), afiks turunan (pen-), prefiks ber�beserta bentuk pelesapannya. Kemudian juga terlihat bentuk sufiks –an dan klitik –nya. Lalu pada bentuk konfiks dan kombinasi afiks ber-an, me-kan, me-i, serta memper-kan yang semestinya sudah mereka kuasai sejak berusia lima tahun. Sedangkan pada bentuk reduplikasi belum mampunya siswa menguasai bentuk pengulangan akar dan pengualangan bentuk dasar berafiks. Pada bentuk abreviasi singkatan dan kontraksi juga belum mereka kuasai. Ketidaksempurnaan bentuk�bentuk morfologi yang diperoleh siswa-siswa kelas V SD di Yayasan Dinamika Indonesia disebabkan oleh faktor lingkungan sosial atau dalam konteks ini dinamkan lingkungan bahasa yang rendah untuk dijadikan tempat pemerolehan bahasa anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Asisda Wahyu, M. Hum ; 2). Asep Supriyana, S.S., M. Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Sastra Indonesia
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 31 Jan 2022 08:09
Last Modified: 31 Jan 2022 08:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22332

Actions (login required)

View Item View Item