PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PKLH DENGAN PEMANFAATAN BUKU HYPERCONTENT UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PUBERTAS SEBAGAI PENGUATAN PERILAKU ABSTINENSI SEKSUAL

NURFADHILAH, . (2022) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PKLH DENGAN PEMANFAATAN BUKU HYPERCONTENT UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PUBERTAS SEBAGAI PENGUATAN PERILAKU ABSTINENSI SEKSUAL. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB (1).pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB) | Request a copy
[img] Text
BAB (3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text
BAB (4).pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB) | Request a copy
[img] Text
BAB (5).pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran PKLH dengan pemanfaatan buku hypercontent pubertas untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik SD. Pubertas merupakan periode emas sekaligus titik kritis dalam membentuk dan mempertahankan perilaku sehat dan bertanggung jawab demi tercapainya visi Generasi Emas Indonesia 2045. Desain penelitian dan pengembangan dipilih untuk menghasilkan produk berupa buku pedoman guru dan buku siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku hypercontent pubertas yang telah disusun dinyatakan layak dan dapat diterapkan dengan model pembelajaran kontekstual. Buku guru dan buku siswa terbukti secara signifikan meningkatkan pengetahuan siswa tentang pubertas. Kedua buku dapat diterapkan di seluruh wilayah Indonesia selama masa pandemi COVID-19 hingga seterusnya, baik secara daring maupun luring. ********** This study aims to develop a pubertal hypercontent book as part of population education/study to increase the knowledge of elementary school students. Puberty is a golden period as well as a critical point in forming and maintaining healthy and responsible behavior in order to achieve the vision of the Indonesian Golden Generation 2045. Research and development designs were chosen to produce products in the form of teacher manuals and student books. The results showed that the pubertal hypercontent book that had been compiled was declared feasible and could be applied with a contextual learning model. Teacher's books and student's books are significantly increase students' knowledge about puberty. Both books can be applied throughout Indonesia during the COVID-19 pandemic onwards, both online and offline.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Amos Neolaka, M.Pd. ; 2). Erry Utomo, M.Ed. Ph.D
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Lingkungan
Depositing User: Users 13116 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2022 03:16
Last Modified: 04 Feb 2022 03:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22341

Actions (login required)

View Item View Item