PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN FISIKA SEKOLAH BERBASIS AUGMENTED REALITY BAGI MAHASISWA KEGURUAN PENDIDIKAN FISIKA

RUDI HARYADI, . (2022) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN FISIKA SEKOLAH BERBASIS AUGMENTED REALITY BAGI MAHASISWA KEGURUAN PENDIDIKAN FISIKA. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Masalah utama dalam pembelajaran pada mahasiswa keguruan pendidikan fisika adalah masih rendahnya daya serap mahasiswa terhadap materi mata kuliah fisika sekolah. Proses pembelajaran ditemukan beberapa permasalahan di antaranya yaitu: (1) ketersediaan model pembelajaran masih menggunakan diskusi sehingga mahasiswa belum atau kurang aktif dalam proses pembelajaran, (2) penggunaan model pembelajaran masih menggunakan media power point, buku ajar, modul dan alat peraga, (3) hasil evaluasi pembelajaran Higher-Order Thinking Skills pada mata kuliah Fisika Sekolah selama 5 tahun terakhir (2016-2020) rata-rata masih 52. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) mengembangkan model pembelajaran fisika sekolah berbasis augmented reality pada mahasiswa keguruan pendidikan fisika, (2) mendeskripsikan kelayakan penggunaan model pembelajaran fisika sekolah berbasis augmented reality pada mahasiswa keguruan pendidikan fisika, (3) mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran fisika sekolah berbasis augmented reality pada mahasiswa keguruan pendidikan fisika. Signifikansi penelitian ini dapat dijadikan acuan sebagai model pembelajaran untuk mahasiswa maupun jenjang pendidikan yang lain. Novelty penelitian ini yaitu model pembelajaran fisika sekolah yang berbasis augmented reality yang dapat digunakan sebagai pedoman pembelajaran dan juga media yang inovatif. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development). yang digunakan untuk menghasilkan produk, menguji kelayakan dan keefektifan produk. Metode R & D yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode intruksional dari Dick & Carey. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa model pembelajaran fisika sekolah berbasis augmented reality bagi mahasiswa keguruan pendidikan fisika layak digunakan dalam proses pembelajaran. Sehingga selanjutnya model pembelajaran fisika sekolah berbasis augmented reality bagi mahasiswa keguruan pendidikan fisika dapat dilakukan uji efektivitas. Populasi dalam uji efektivitas yaitu seluruh mahasiswa keguruan pendidikan fisika semester III pada Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Tahun Ajaran 2020/2021. Sampel yang dipakai dalam penelitian ini sebanyak 30 mahasiswa dengan metode purposive sampling. Berdasarkan hasil N-Gain sebesar 0,5 dapat dikatakan bahwa pembelajaran melalui model pembelajaran fisika sekolah berbasis augmented reality bagi mahasiswa keguruan pendidikan fisika dinyatakan efektif. Hasil belajar yang diukur merupakan kemampuan higher order thinking skills. The main problem in learning for teacher physics education is the low absorption of students towards school physics learning the subject matter. The learning process found several issues, including (1) the availability of learning models still using discussion so that students are not or less active in the learning process, (2) the use of learning models still uses power point media, textbooks, modules, and teaching aids, (3 ) the results of the evaluation of Higher-Order Thinking Skills learning in school physics learning for the last five years (2016-2020) are still on average 52. The objectives in this study are (1) developing an augmented reality-based school physics learning model for teaching students physics education, (2) describing the feasibility of using augmented reality-based school physics learning model for physics education teacher students, (3) describing the effectiveness of augmented reality-based school physics learning model on physics education teacher students. The significance of this research can be used as a reference as a learning model for students and other levels of education. The novelty of this research is an augmented reality-based school physics learning model that can be used as a learning guide and an innovative media. This research method uses research and development. They were used to produce the product and test its feasibility and effectiveness. The R & D method used in this study is the instructional method of Dick & Carey. The feasibility test results show that the augmented reality-based school physics learning model for physics education teacher students is feasible to use in the learning process. So that the augmented reality-based school physics learning model can be tested for effectiveness. The population in the effectiveness test is all third-semester physics education teacher students at Sultan Ageng Tirtayasa University for the 2020/2021 Academic Year. The sample used in this study was 30 students with a purposive sampling method. Based on the results of the N-Gain of 0.5, it can be said that learning through augmented reality-based school physics learning model for physics education teacher students is declared effective. The learning outcomes measured are higher-order thinking skills.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: Dr. Robinson Situmorang, M.Pd. Dr. Khaerudin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S3 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 13106 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2022 07:10
Last Modified: 07 Feb 2022 07:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22353

Actions (login required)

View Item View Item