HUBUNGAN ANTARA IKLAN DAN HARGA DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG PADA WARGA RT 03/08 PERUMAHAN GRIA SERPONG ASRI DI KECAMATAN CISAUK KABUPATEN TANGERANG

SANDI NUR PRATAMA, . (2017) HUBUNGAN ANTARA IKLAN DAN HARGA DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG PADA WARGA RT 03/08 PERUMAHAN GRIA SERPONG ASRI DI KECAMATAN CISAUK KABUPATEN TANGERANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Sandi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di perumahan Gria Serpong Asri Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang, selama 5 bulan terhitung sejak Maret 2017 sampai dengan Juli 2017. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara iklan dan harga dengan keputusan pembelian smartphone Samsung pada warga RT 03/08 di perumahan Gria Serpong Asri Kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional, populasi yang digunakan adalah seluruh warga di RT 03/08 perumahan Gria Serpong Asri Kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang yang pernah melakukan pembelian smartphone Samsung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik Purposive sampling sebanyak 117 orang. Persamaan regresi yang dihasilkan antara X1 dan Y adalah Ŷ = 40.28 + 0.6052X1. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X1 dengan uji Lilliefors menghasilkan Lhitung = 0,0569 untuk Y atas X1, sedangkan Ltabel untuk n = 117 pada taraf signifikan 0.05 adalah = 0,0819 . Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran regresi Y atas X berdistribusi normal. Uji Linearitas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 1,14 < 1,58, sehingga dapat disimpulkan bahwa, persamaan regresi tersebut linear. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel yaitu, 81,18 > 3,92, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi product moment dari pearson menghasilkan rxy = 0,643 selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung = 9,010 dan ttabel = 1,98 Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,643 adalah positif dan signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,4138 yang menunjukan 41,38% variabel kaputusan pembelian ditentukan oleh iklan. Sedangkan Persamaan regresi yang dihasilkan antara X2 dan Y adalah Ŷ = 41,25 + 0.5905X2. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X2 dengan uji Lilliefors menghasilkan Lhitung = 0,0746 untuk Y atas X2, sedangkan Ltabel untuk n = 117 pada taraf signifikan 0.05 adalah = 0,0819. Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran regresi Y atas X berdistribusi normal. Uji Linearitas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 1,42 < 1,59, sehingga dapat disimpulkan bahwa, persamaan regresi tersebut linear. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel yaitu, 76,77 > 3,92, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi product moment dari pearson menghasilkan rxy = 0,633 selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung = 8,762 dan ttabel = 1,98 Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,633 adalah positif dan signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,4003 yang menunjukan 40,03% variabel keputusan pembelian ditentukan oleh harga. This research was conducted at Gria Serpong Asri Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang, for 5 months since March 2017 until July 2017. The purpose of this research is to know the relationship between advertising and price with purchase decision Samsung smartphone on the citizens of RT 03/08 Gria Serpong Asri in Kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang. The research method used was survey method with the correlation approach, population used is the entire citizens in RT 03/08 Gria Serpong Asri housing Kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang ever making a purchase the Samsung smartphone. Sampling technique is used with a Purposive sampling technique as much as 117 people. The resulting regression equation between X1 and Y is Ŷ = 40.28 + 0.6052X1. Test requirements analysis regression estimates of error normality test of Y over X1 with Lilliefors = Lcount generating test 0.0569 to Y over X1, while Ltable for n = 117 at significant levels 0.05 is = 0.0819. Because Lcount < Ltable then an error estimate regression of Y over X gaussian regression Linearity Test yield. Fcount < Ftable is 1.14 < 1.58, so it can be concluded that the linear regression equation of the regression produces a meaningfulness test Fcount > Ftable is, 81.18 > 3.92, so it can be inferred that the regression equation is significant. The correlation coefficients of pearson product moment produces rxy = 0.643 next meaningfulness coefficient correlation test is performed using a test t and produced tcount = 9.010 ttable = 1.98 and thus, it can be concluded that the coefficient correlation rxy = 0.643 is a positive and significant. coefficient determination of 0.4138 obtained showed 41.38% of purchase decisions variable defined by the advertising. While the resulting regression Equation between X2 and Y is Ŷ = 41.25 + 0.5905X2. Test requirements analysis is regression estimates of error normality test of Y over X2 test with the Lilliefors produce Lcount = 0.0746 for Y over X2, while the Ltable for n = 117 at significant levels 0.05 is = 0.0819. Because Lcount < Ltable then an error estimate regression of Y over X gaussian regression Linearity Test yield. Fcount < Ftable is 1.42 < 1.59, so it can be concluded that the linear regression equation of the regression produces a meaningfulness test Fcount > Ftable is, 76.77 > 3.92, so it can be inferred that the regression equation is significant. The correlation coefficients of pearson product moment produces rxy = 0.633 next meaningfulness coefficient correlation test is performed using a test t and produced tcount = 8.762 ttable = 1.98 and thus, it can be concluded that the coefficient correlation rxy = 0.633 is a positive and significant. Coefficient determination of 0.4003 obtained showed 40.03% variable purchase decisions is determined by the price.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dra. Rochyati, M.Pd 2. Drs. Nurdin Hidayat, MM, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Feb 2022 06:58
Last Modified: 07 Feb 2022 06:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22373

Actions (login required)

View Item View Item