YUSUFIRA ALDONA, . (2021) PEMBERIAN BIMBINGAN BELAJAR INDIVIDUAL PADA KESALAHAN SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PERBANDINGAN DI SMPN 232 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (847kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (264kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan berdasarkan jenis kesalahan, mendeskripsikan penyebab siswa melakukan kesalahan, dan melakukan bimbingan belajar individual guna meminimalisir dan mengatasi kesalahan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilakukan dalam tiga siklus dengan Subjek Penelitian (SP) sebanyak empat siswa dari kelas VIII F SMPN 232 Jakarta. Setiap SP mewakili satu jenis kesalahan berdasarkan analisis kesalahan pada tes awal yang diberikan saat prasiklus, berturut-turut adalah kesalahan fakta, konsep, operasi, dan prinsip. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes awal, tes akhir siklus, alat dokumentasi, pedoman wawancara, pedoman bimbingan, lembar observasi, dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, SP1 masih melakukan kesalahan fakta, SP2 juga masih melakukan kesalahan konsep, sedangkan SP3 dan SP4 sudah tidak melakukan kesalahan lagi. Pada siklus II dan III, SP1, SP2, SP3 dan SP4 sudah tidak melakukan kesalahan lagi. Penyebab kesalahan fakta adalah kurang teliti. Penyebab kesalahan konsep adalah tidak memahami konsep jenis perbandingan. Penyebab kesalahan operasi adalah kurang teliti dan terburu-buru. Penyebab kesalahan prinsip adalah kurang teliti. Dapat disimpulkan bahwa bimbingan belajar individual dapat meminimalisir dan mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan. This study aims to describe students’ errors in solving the problem of essay test for comparative material based on the type of errors, describe the causes of students making errors, and conduct individual tutoring to minimize and overcome students’ errors. This is action research that conducted in three cycles with Research Subject (RS) for four students of class VIII F SMPN 232 Jakarta. Each RS represents one type of error based on the results of error analysis on initial test that given during pre-cycle, successive factual error, conceptual error, operation error, and principle of error. The instruments used in this study were initial test, end-cycle tests, documentation tools, interview guidelines, tutor guidelines, observation sheets, and field notes. The data was analyzed qualitatively. The results showed that in cycle I, RS1 still made a factual error, RS2 also made a conceptual error, while RS3 and RS4 had not made any errors. In cycle II and III, RS1, RS2, RS3, and RS4 had not made any errors. The cause of the factual error is lack of thoroughness. The cause of the conceptual error is not understanding the concept of the comparison type. The cause of the operation error is lack of thoroughness and haste. The cause of the principle of error is lack of thoroughness. It can be concluded that individual tutoring can minimize and overcome students’ errors in solving the problem of essay test for comparative material.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Pinta Deniyanti S., M.Si. ; 2). Dr. Lukman El Hakim, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah Sains > Matematika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 13318 not found. |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 05:14 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 05:14 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22466 |
Actions (login required)
View Item |