Pengaruh Model Cooperative Learning tipe Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Bendungan Hilir 12 Pagi Tanah Abang Jakarta Pusa

Fransiskus Denja Kabali, . (2018) Pengaruh Model Cooperative Learning tipe Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Bendungan Hilir 12 Pagi Tanah Abang Jakarta Pusa. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Caver.pdf

Download (117kB)
[img] Text
2. Lembar persetujuan.pdf

Download (455kB)
[img] Text
5 Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (282kB)
[img] Text
9. Daftar Isi.pdf

Download (98kB)
[img] Text
13. Bab I.pdf

Download (0B)
[img] Text
13. Bab II.pdf

Download (323kB)
[img] Text
13. Bab III.pdf

Download (368kB)
[img] Text
13. Bab IV.pdf

Download (226kB)
[img] Text
13. Bab V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
14 Dafatr Pustaka.pdf

Download (187kB)
[img] Text
15. Lampiran-Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Cooperative Learning tipe Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas IV SD pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Penelitian ini dilakukan di SDN Bendungan Hilir 12 Pagi Tanah Abang Jakarta Pusat, dengan sampel peserta didik kelas IV SD semester 2 tahun ajaran 2017/2018. Sampel diambil dengan menggunakan Teknik Sampling Random sederhana. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain Posttest Only Control Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes pilihan ganda (Multiple Choice Test) hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Hasil uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Fiesher menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas homogen. Setelah itu, data dianalisis dengan uji-t. Hasil perhitungan uji-t diperoleh dari harga thitung sebesar 1,97. Harga ttabel pada taraf signifikan α= 0.05 dengan dk=48 sebesar 1,67. Oleh itu, harga thitung lebih besar dari ttabel (1,97 > 1,67), maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol di tolak dan hipotesis kerja diterima. Dengan hal ini metode Cooperative Learning tipe Course Review Horay berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar PPKn Kelas IV SD

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Nina Nurhasanah, M.Pd 2) Dra. Iva Sarifah, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 12 Dec 2019 11:16
Last Modified: 12 Dec 2019 11:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2253

Actions (login required)

View Item View Item