Fransiskus Denja Kabali, . (2018) Pengaruh Model Cooperative Learning tipe Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Bendungan Hilir 12 Pagi Tanah Abang Jakarta Pusa. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. Caver.pdf Download (117kB) |
|
Text
2. Lembar persetujuan.pdf Download (455kB) |
|
Text
5 Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf Download (282kB) |
|
Text
9. Daftar Isi.pdf Download (98kB) |
|
Text
13. Bab I.pdf Download (0B) |
|
Text
13. Bab II.pdf Download (323kB) |
|
Text
13. Bab III.pdf Download (368kB) |
|
Text
13. Bab IV.pdf Download (226kB) |
|
Text
13. Bab V.pdf Download (92kB) |
|
Text
14 Dafatr Pustaka.pdf Download (187kB) |
|
Text
15. Lampiran-Lampiran.pdf Download (3MB) |
Abstract
Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Cooperative Learning tipe Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas IV SD pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Penelitian ini dilakukan di SDN Bendungan Hilir 12 Pagi Tanah Abang Jakarta Pusat, dengan sampel peserta didik kelas IV SD semester 2 tahun ajaran 2017/2018. Sampel diambil dengan menggunakan Teknik Sampling Random sederhana. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain Posttest Only Control Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes pilihan ganda (Multiple Choice Test) hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Hasil uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Fiesher menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas homogen. Setelah itu, data dianalisis dengan uji-t. Hasil perhitungan uji-t diperoleh dari harga thitung sebesar 1,97. Harga ttabel pada taraf signifikan α= 0.05 dengan dk=48 sebesar 1,67. Oleh itu, harga thitung lebih besar dari ttabel (1,97 > 1,67), maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol di tolak dan hipotesis kerja diterima. Dengan hal ini metode Cooperative Learning tipe Course Review Horay berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar PPKn Kelas IV SD
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dra. Nina Nurhasanah, M.Pd 2) Dra. Iva Sarifah, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 12 Dec 2019 11:16 |
Last Modified: | 12 Dec 2019 11:16 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2253 |
Actions (login required)
View Item |