PENGARUH MINAT BELAJAR, EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (STUDI PADA SISWA KELAS X SMAN 105 JAKARTA)

BUNGA, . (2022) PENGARUH MINAT BELAJAR, EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (STUDI PADA SISWA KELAS X SMAN 105 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (845kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh minat belajar, efektivitas media pembelajaran, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 105 Jakarta selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan motivasi belajar sebagai varibel intervening. Penelitian ini dilakukan selama empat bulan terhitung dari bulan Agustus s.d. Desember 2021. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan kausalitas sebab akibat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Negeri 105 Jakarta yang berjumlah 117 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik sampel jenuh dengan menjadikan anggota populasi sebagai sampel dalam penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode survey dengan kuesioner tertutup melalui Google Form. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer untuk variabel bebas (X) dan data sekunder untuk variabel terikat (Y). Analisis data menggunakan teknik analisis jalur (Path Analysis) dengan IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, efektivitas media pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, efektivitas media pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Hal lain dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa motivasi belajar dapat memediasi variabel minat belajar terhadap prestasi belajar, dan variabel motivasi belajar dapat memediasi variabel efektivitas media pembelajaran terhadap prestasi belajar. This research was conducted to determine how much influence learning interest, effectiveness of learning media, and learning motivation have on learning achievement in class X economics at SMA Negeri 105 Jakarta during distance learning (PJJ) with learning motivation as an intervening variable. This research was conducted for four months starting from August to August. December 2021. The method used is a quantitative method with a causal approach to causality. The population in this study were students of class X IPS SMA Negeri 105 Jakarta, amounting to 117 students. Determination of the sample using a saturated sample technique by making members of the population as a sample in the study. The data collection technique in this study used a survey method with a closed questionnaire via Google Form. The data used in this study are primary data for the independent variable (X) and secondary data for the dependent variable (Y). Data analysis using path analysis technique with IBM SPSS Statistics 25. The results of this study indicate that interest in learning has a positive and significant effect on learning motivation, the effectiveness of learning media has a positive and significant effect on learning motivation, interest in learning has a positive and significant effect on achievement learning, the effectiveness of learning media has a positive and significant effect on learning achievement, and learning motivation has a positive and significant effect on learning achievement. Another thing can be concluded in this study that learning motivation can mediate learning interest variables on learning achievement, and learning motivation variables can mediate learning media effectiveness variables on learning achievement

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dicky Iranto, S.E., M.SE. ; 2). Prof. Dr. Sri Indah Nikensari, S.E., M.SE.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 13332 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2022 01:59
Last Modified: 05 Oct 2022 05:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22548

Actions (login required)

View Item View Item