HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISTEM IMUN PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

FITRIA NUR CAHYATI, . (2022) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISTEM IMUN PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (862kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (338kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK FITRIA NUR CAHYATI. Hubungan Persepsi Siswa terhadap Lingkungan Belajar dengan Hasil Belajar Sistem Imun pada Pembelajaran Jarak Jauh. Skripsi: Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2021. Persepsi siswa terhadap lingkungan belajar adalah proses siswa untuk memaknai pengalaman belajar yang diterimanya. Lingkungan belajar merupakan faktor eksternal yang memiliki peran penting dalam proses pembelajaran yaitu sebagai tempat untuk memudahkan siswa dan guru dalam mencapai tujuan belajar. Oleh karena itu, perlu adanya lingkungan belajar yang baik agar proses pembelajaran berjalan dengan lancar dan persepsi siswa terhadap lingkungan belajar menjadi positif, karena hal ini berhubungan dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap lingkungan belajar dengan hasil belajar sistem imun pada pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 21 Jakarta pada bulan Juni tahun ajaran 2020/ 2021. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan studi korelasional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 105 siswa kelas XI MIPA yang dipilih secara simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner Dundee Ready Education Environment Measure (DREEM) dan tes hasil belajar sistem imun pada pembelajaran jarak jauh. Uji Prasyarat menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan uji model regresi diperoleh persamaan Ŷ = 20,097 + 0,35X dan koefisien korelasi sebesar 0,670 yang berarti terdapat hubungan yang kuat. Kontribusi persepsi sebesar 44,9% terhadap hasil belajar sistem imun pada pembelajaran jarak jauh. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara persepsi siswa terhadap lingkungan belajar dengan hasil belajar sistem imun pada pembelajaran jarak jauh. Kata kunci: lingkungan belajar, masa pandemi, DREEM ABSTRACT FITRIA NUR CAHYATI. The Relationship Students Perceptions of the Learning Environment with Learning Outcomes of the Immune System on Distance Learning. Skripsi: Biology Education Study Program, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Jakarta State University, 2021. Students' perception of the learning environment is the process of students interpreting the learning experiences they receive. The learning environment is an external factor that has an important role in the learning process, namely as a place to facilitate students and teachers in achieving learning goals. Therefore, it is necessary to have a good learning environment so that the learning process runs smoothly and students' perceptions of the learning environment become positive because this is related to student learning outcomes. This study aims to determine the relationship between students' perceptions of the learning environment with learning outcomes of the immune system on distance learning. This research was conducted at SMA Negeri 21 Jakarta in June of 2020/2021. The method is quantitative with correlational studies. The sample in this study was 105 students of class XI MIPA who were selected randomly simple. The technique of collecting data uses Dundee Ready Educational Environment Measure (DREEM) questionnaire instrument and immune system study result test on distance learning. The prerequisite test shows that the data are normally distributed and homogeneous. Regression model obtained Ŷ = 20,097 + 0,35X had a significant an linear correlation. The coefficient of correlation obtained is 0,670 which means there was a strong relationship. Perception contribution is 44,9% of the immune system on distance learning. The conclusion of this research is a relationship between students' perceptions of the learning environment with learning outcomes of the immune system on distance learning. Keywords: learning environment, pandemic period, DREEM

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Mieke Miarsyah, M. Si 2). Ns. Sri Rahayu, S. Kep., M. Biomed
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Tinggi, Universitas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 13360 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2022 06:47
Last Modified: 24 Feb 2022 06:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22606

Actions (login required)

View Item View Item