PENGARUH TERPAAN BERITA VAKSIN COVID-19 PERIODE FEBRUARI – JULI 2021 DI KOMPAS.COM TERHADAP SIKAP BERSEDIA DIVAKSINASI PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

RAYNI DELYA HAFNI, . (2022) PENGARUH TERPAAN BERITA VAKSIN COVID-19 PERIODE FEBRUARI – JULI 2021 DI KOMPAS.COM TERHADAP SIKAP BERSEDIA DIVAKSINASI PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (582kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (306kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pemberitaan media mengenai vaksin Covid-19 yang simpang siur dan menerpa masyarakat terutama mahasiswa. Selanjutnya, 52.1% mahasiswa akan menolak mendapatkan vaksin Covid-19 dan banyaknya informasi di media online membuat seseorang kebingungan dalam menentukan sikap dalam hal mendapatkan vaksin. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui terpaan berita vaksin Covid-19 periode Februari - Juli 2021 di Kompas.com pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta, (2) Untuk mengetahui sikap bersedia divaksinasi pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta dan (3) Untuk mengetahui pengaruh terpaan berita vaksin Covid-19 periode Februari-Juli 2021 di Kompas.com terhadap sikap bersedia divaksinasi pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah uses and gratifications yang menggambarkan bagaimana audiens sebagai pengguna media yang diskriminatif, mereka menggunakan konten media secara aktif bukan pasif, audiens juga mencari suatu pesan, dengan kata lain untuk mencapai tujuan mereka sendiri. Terdapat konsep-konsep penelitian yaitu terpaan media, berita, media online, Covid-19, vaksin Covid-19 dan sikap. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan paradigma positivisme, pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Variabel yang digunakan adalah Terpaan Berita (X) dan Sikap (Y). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 335 mahasiswa dengan sampel sebanyak 77 mahasiswa Ilmu Komunikasi UNJ angkatan 2018-2021. Selanjutnya, responden diberikan instrumen penelitian berupa kuesioner dan berdasarkan hasil dari kuesioner tersebut akan dianalisis menggunakan distribusi frekuensi, deskriptif dan regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh terpaan berita vaksin Covid-19 periode Februari-Juli 2021 di Kompas.com terhadap sikap bersedia divaksinasi pada mahasiswa Ilmu Komunikasi UNJ. Hasil penelitian juga berkesesuaian dengan teori uses and gratifications dengan menunjukkan bahwa mahasiswa Ilmu Komunikasi UNJ di masa pandemi Covid-19 aktif dalam menggunakan media Kompas.com pada periode Februari-Juli 2021 untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam mencari berita mengenai Vaksin Covid-19. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh terpaan berita vaksin Covid-19 periode Februari-Juli 2021 di Kompas.com terhadap sikap bersedia divaksinasi pada mahasiswa Ilmu Komunikasi UNJ. Hal tersebut terjadi karena pandemi Covid-19 belum usai dan menyebabkan kebutuhkan untuk mengakses berita di media Kompas.com sangat tinggi karena mahasiswa Ilmu Komunikasi UNJ membutuhkan informasi yang terpercaya untuk meyakinkan diri mereka sehingga mau bersedia divaksinasi. This research was motivated by the media coverage of the Covid-19 vaccine which was confusing and hit the community, especially students. Furthermore, 52.1% of students will refuse to get the Covid-19 vaccine and the amount of information in online media makes someone confused in determining their attitude in terms of getting the vaccine. The aims of this study were (1) to find out the news of the Covid-19 vaccine for the period February - July 2021 on Kompas.com among students of Communication Science at Universitas Negeri Jakarta (2) To determine the attitude of being willing to be vaccinated in Communication Science students at Universitas Negeri Jakarta and (3) To find out the effect of the news of the Covid-19 vaccine for the February-July 2021 period on Kompas.com on the attitude of being willing to be vaccinated in Communication Science students at Universitas Negeri Jakarta The theory used in this study is uses and gratifications which describes how the audience as discriminatory media users, use media content actively not passively, the audience is also looking for a message, in other words, to achieve their own goals. There are research concepts, namely media exposure, news, online media, Covid-19, Covid-19 vaccine, and attitudes. In this study, the author uses a positivism paradigm, a quantitative approach with a survey method. The variables used are News Exposure (X) and Attitude (Y). The population in this study amounted to 335 students with a sample of 77 students of Communication Studies UNJ class 2018-2021. Furthermore, respondents were given a research instrument in the form of a questionnaire and based on the results of the questionnaire it would be analyzed using frequency distribution, descriptive and simple linear regression. The result of this study is that there is an effect of exposure to news about the Covid-19 vaccine for the period February-July 2021 on Kompas.com on the attitude of being willing to be vaccinated in UNJ Communication Science students. The results of the study are also consistent with the uses and gratifications theory by showing that UNJ Communication Science students during the Covid-19 pandemic were active in using the Kompas.com media in the February-July 2021 period to meet their needs in finding news about the Covid-19 vaccine. The conclusion obtained from this study is that there is an effect of exposure to news of the Covid-19 vaccine for the February-July 2021 period on Kompas.com on the attitude of being willing to be vaccinated in UNJ Communication Science students. This happened because the Covid-19 pandemic had not ended and caused the need to access news on the Kompas.com media very high because UNJ Communication Science students needed reliable information to convince themselves that they were willing to be vaccinated.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Elisabeth Nugrahaeni Prananingrum, M.Si 2). Maulina Larasati Putri, M.I.Kom
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Transportasi dan Komunikasi
Divisions: FIS > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 13376 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2022 05:51
Last Modified: 24 Feb 2022 05:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22615

Actions (login required)

View Item View Item