STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi pada Guru IPS di SMP Negeri 2 Jakarta)

INMAS SULISTIANI, . (2022) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi pada Guru IPS di SMP Negeri 2 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB) | Request a copy
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB) | Request a copy
[img] Text
06 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (721kB)
[img] Text
07 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam kondisi pandemi Covid-19 pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan secara pembelajaran jarak jauh. Dengan adanya pembelajaran daring menyebabkan peserta didik kurang bersemangat belajar. Oleh sebab itu dibutuhkan strategi yang tepat yang untuk meningkatkat motivasi belajar peserta didik. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui strategi guru IPS dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 dengan keterbatasan pengetahuan tentang TIK di SMP Negeri 2 Jakarta, (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru IPS dalam memotivasi belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Jakarta. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Strategi yang digunakan dalam meningkatkan motivasi belajar guru IPS SMP Negeri 2 Jakarta, yaitu motode ceramah interaktif, dan metode home visit. Dengan pendekatan berupa pujian secara verbal, pemberiaan apresiasi berupa nilai tambah, menjadikan peserta didik menjadi aktif saat pembelajaran. Dalam meningkatkan kemampuan dalam penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi guru IPS SMP Negeri 2 Jakarta dengan mengikuti pelatihan. (2) Faktor pendukung internal niat dan semangat dari diri peserta didik. Faktor pendukung eksternal lingkungan keluarga, guru, sarana prasarana seperti handphone, paket data seluler dan sinyal yang memadai. Faktor penghambat internal dari dalam diri sendiri peserta didik yang menyepelekan pembelajaran daring dan tidak bisa mengatur waktu antara belajar dangan bermain. Faktor penghambat ekstenal kurangnya perhatian dan dukungan dari keluarga, sarana praarana seperti handphone, paket data internet yang terbatas, sinyal internet yang tidak merata. During the Covid-19 pandemic, the learning process was carried out by distance learning. With online learning, students are less enthusiastic about learning. Therefore, the right strategy is needed to increase students' learning motivation. Therefore, this study aims to: (1) find out the strategies of social studies teachers in increasing students' learning motivation during the Covid-19 pandemic with limited knowledge about ICT in SMP Negeri 2 Jakarta,(2) knowing the supporting and inhibiting factors of social studies teachers in motivating learning students during the Covid-19 pandemic at SMP Negeri 2 Jakarta. In this study using qualitative research methods with data collection techniques through observation, interviews, documentation and literature study. The results of the study found that: (1) The strategies used in increasing the learning motivation of social studies teachers at SMP Negeri 2 Jakarta, namely the interactive lecture method, and the home visit method. With an approach in the form of verbal praise, giving appreciation in the form of added value, making students active during learning. In improving the ability to use technology-based learning media, Social Science teachers at SMP Negeri 2 Jakarta by participating in training. (2) Internal supporting factors of the students' self-intentions and enthusiasm. External supporting factors are the family environment, teachers, infrastructure such as cellphones, cellular data packages and adequate signals. Internal inhibiting factors are students who underestimate online learning and cannot manage the time between learning and playing. External inhibiting factors are lack of attention and support from family, infrastructure such as mobile phones, limited internet data packages, uneven internet signal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Budiaman, M.Si. ; 2) Shahibah Yuliani, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 13184 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2022 01:46
Last Modified: 25 Feb 2022 01:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22622

Actions (login required)

View Item View Item