MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA OPERASI BILANGAN PECAHAN MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE PECAHAN PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA KELAS X DI SLB C BUDI DAYA CIJANTUNG JAKARTA TIMUR

Hafizh Bagas Kurniawan, . (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA OPERASI BILANGAN PECAHAN MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE PECAHAN PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA KELAS X DI SLB C BUDI DAYA CIJANTUNG JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (107kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (491kB)
[img] Text
4. Lembar Orisinalitas.pdf

Download (765kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (546kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (331kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf

Download (595kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] Text
17. Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika operasi bilangan pecahan menggunakan media puzzle pecahan pada peserta didik tunagrahita di SLB C Budi Daya Cijantung Jakarta Timur. Subjek penelitian ini adalah peserta didik tunagrahita ringan kelas X sebanyak 4 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian model Mc. Kernan yang terdiri dari analisis hasil, perumusan dan klarifikasi permasalahan, hipotesis tindakan, perencanaan tindakan, penerapan tindakan dan monitoring, evaluasi hasil tindakan, refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi dan lembar kerja siswa. Hasil yang diperoleh pada kemampuan awal belum mencapai nilai yang diharapkan yaitu 70. Setelah memperoleh data kemampuan awal dilakukanlah siklus I. Dari hasil tes evaluasi yang dilakukan pada siklus I yaitu terdapat peningkatan pada setiap peserta didik namun nilai yang diperoleh belum mencapai batas ketuntasan. Untuk itu dilanjutkan pada siklus II. Hasil yang diperoleh dari siklus II yaitu seluruh peserta didik mengalami peningkatan dalam hasil belajar matematika operasi bilangan pecahan dan sudah mencapai nilai yang diharapkan. Diharapkan guru dapat menggunakan media puzzle pecahan khususnya pada mata pelajaran matematika karena dapat meningkatkan hasil belajar matematika operasi bilangan pecahan dengan baik dan benar pada peserta didik tunagrahita kelas X di SLB C Budi Daya Cijantung Jakarta Timur

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Murni Winarsih, M,Pd 2) Dra. Etty Hasmayati M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 12 Dec 2019 12:14
Last Modified: 12 Dec 2019 12:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2263

Actions (login required)

View Item View Item