PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING DENGAN METODE STUDI KASUS UNTUK MATA PELAJARAN PPKN KELAS VI DI SDN TELAJUNG 01

DIAN ROSDIANA NOOR, . (2022) PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING DENGAN METODE STUDI KASUS UNTUK MATA PELAJARAN PPKN KELAS VI DI SDN TELAJUNG 01. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan tujuan menghasilkan sebuah media pembelajaran berupa mobile learning dengan metode studi kasus untuk mata pelajaran PPKn kelas VI. Mobile learning ini diharapkan dapat memfasilitasi belajar peserta didik dan membentuk karakter yang sesuai nilai-nilai Pancasila pada diri peserta didik. Pengembangan ini menggunakan model Rapid Prototyping yang terdiri dari lima tahap, yaitu assess needs and analyze content, set objectives, construct prototype, utilize prototype, install and maintain system. Evaluasi pada penelitian pengembangan ini terdiri dari review ahli (ahli materi dan ahli media) dan uji coba pengguna yaitu uji coba satu-satu, kelompok kecil, dan evaluasi hasil belajar. Evaluasi tersebut melibatkan 1 orang ahli materi, 1 orang ahli media, dan 12 orang pengguna. Hasil review ahli diperoleh skor rata-rata ahli materi sebesar 3,68 (sangat baik) dan ahli media sebesar 3,4 (sangat baik). Pada tahap evaluasi uji coba satu-satu diperoleh skor rata-rata sebesar 3,28 (sangat baik), pada uji coba kelompok kecil sebesar 3,34 (sangat baik), dan pada evaluasi hasil belajar dengan nilai rata-rata 90. Berdasarkan hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa mobile learning dengan metode studi kasus ini memiliki kualitas “sangat baik” dan dapat digunakan untuk media pembelajaran dengan dilakukan penyempurnaan lebih lanjut. This development research was conducted to produce a learning media in the form of mobile learning with a case study method for Civics Class VI subjects. Mobile learning is expected to facilitate student learning and form characters that are following the values of Pancasila in students. This development uses the Rapid Prototyping model which consists of five stages, namely, assess needs and analyze content, set objectives, construct prototype, utilize prototypes, install and maintain the system. The evaluation in this development research consisted of expert reviews (material experts and media experts) and user trials, namely one-on-one trials, small groups, and evaluation of learning outcomes. The evaluation involved 1 material expert, 1 media expert & learning design expert, and 12 users. The results of the expert review obtained an average score of material experts of 3,68 (very good) and media experts of 3,4 (very good). In the formative evaluation, obtained an average score of one-to-one evaluation of 3,28 (very good), in the small group of 3,34 (very good), and on the evaluation of learning outcomes with an average score of 90. Based on these results, it can be stated that mobile learning with this case study method has "very good" quality and can be used for learning media by making further refinements.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eveline Siregar, M.Pd. ; 2). Dr. Uwes Anis Chaeruman, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 13221 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2022 23:58
Last Modified: 17 Jan 2024 23:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22672

Actions (login required)

View Item View Item