PEMBELAJARAN PEMBUATAN SULAMAN APLIKASI PADA PRODUK TOTE BAG DI SMK NEGERI 24 JAKARTA

NAADIYAH JAUHARA, . (2022) PEMBELAJARAN PEMBUATAN SULAMAN APLIKASI PADA PRODUK TOTE BAG DI SMK NEGERI 24 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk memberikan alternatif strategi pembelajaran yang dapat diterapkan untuk penyampaian materi membuat sulaman aplikasi pada suatu produk. Strategi pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik (5M) dengan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL). Proyek yang digunakan pada pembelajaran ini yaitu jenis proyek sederhana, diselesaikan dalam 8 hari dengan 2 pertemuan, jangkauan proyek berbasis kelas, dan melibatkan satu mata pelajaran. Pembelajaran menggunakan metode tanya jawab, demonstrasi, eksperimen, diskusi, dan pemberian tugas oleh guru kepada peserta didik. Peserta didik melakukan eksperimen mengerjakan proyek sulaman aplikasi pada tote bag dengan memanfaatkan limbah kain. Pembelajaran menggunakan media slide presentasi yang berisi gambar dan materi sulaman aplikasi, video tutorial pembuatan sulaman aplikasi, produk tote bag dengan sulaman aplikasi, dan alat peraga untuk mendemonstrasikan pembuatan sulaman aplikasi. Evaluasi pembelajaran menggunakan penilaian autentik untuk menilai aspek afektif, kognitif, dan psikomotor. Aspek afektif dinilai menggunakan teknik observasi perilaku dan teknik penilaian teman sejawat, aspek kognitif dinilai menggunakan teknik tes tertulis, dan aspek psikomotor dinilai menggunakan teknik penilaian produk, dan penilaian kinerja proyek. This writing aims to provide an alternative teaching strategy that can be applied to deliver subject of making applique embroidery on a product. Teaching strategies using scientific approach with a project-based learning model (PjBL). The project used in this learning is a simple type of project, completed in 8 days with 2 meetings, a range of class-based projects, and involving one subject. Teaching methods in this learning are Question dan Answer, demonstration, experimentation, discussion, and study assignment by teacher to students. Students conduct experiment working on making applique embroidery projects on tote bags by utilizing fabric waste. Teaching media in this learning process uses presentation slide that containing embroidery applique subject, tutorial videos of applique embroidery, tote bag products with applique embroidery, and properties to demonstrate applique embroidery creation. Teaching evaluation uses authentic assessment to assess affective, cognitive, and psychomotor aspects. Affective aspects were assessed using behavioral observation techniques and peer assessment techniques, cognitive aspects were assessed using written test techniques, and psychomotor aspects were assessed using product assessment techniques, and project performance assessments.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Harsuyanti Rawiyah Lubis, M.Hum.
Subjects: Desain Kostum, Tata Busana > Tata Busana
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 13422 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2022 03:19
Last Modified: 01 Mar 2022 03:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22781

Actions (login required)

View Item View Item