PERBEDAAN HASIL BELAJAR DASAR-DASAR KELISTRIKAN SISWA KELAS X MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DAN METODE PEMBELAJARAN BERPUSAT PADA GURU (Suatu Studi Eksperimen di SMK Negeri 2 Bogor)

M. GENTA GUMELAR, . (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DASAR-DASAR KELISTRIKAN SISWA KELAS X MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DAN METODE PEMBELAJARAN BERPUSAT PADA GURU (Suatu Studi Eksperimen di SMK Negeri 2 Bogor). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (15kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (92kB)
[img] Text
3. Lembar Pengesahan.pdf

Download (130kB)
[img] Text
4. Halaman Pernyataan.pdf

Download (605kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (192kB)
[img] Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (95kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (107kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (934kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (458kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf

Download (543kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Lampiran 25 ~ Lembar Riwayat Hidup.pdf

Download (124kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran snowball throwing dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran berpusat pada guru pada mata pelajaran dasar-dasar kelistrikan kelas X di SMK Negeri 2 Bogor tahun pelajaran 2015/2016 serta untuk mengetahui hasil belajar mana yang lebih tinggi antara hasil belajar menggunakan metode pembelajaran snowball throwing dengan hasil belajar menggunakan metode pembelajaran berpusat pada guru. Hipotesisnya yaitu diduga terdapat perbedaan antara hasil belajar menggunakan metode pembelajaran snowball throwing dengan hasil belajar menggunakan metode pembelajaran berpusat pada guru dalam mata pelajaran dasar-dasar kelistrikan dimana hasil belajar menggunakan metode pembelajaran snowball throwing lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan metode pembelajaran berpusat pada guru. Dalam penelitian ini metode yang dipakai peneliti yaitu metode penelitian eksperimen yang melibatkan dua variabel yaitu variabel bebas adalah metode pembelajaran yang dibedakan atas metode pembelajaran snowball throwing dan metode pembelajaran berpusat pada guru (non-snowball throwing), dan variabel terikat adalah hasil belajar dasar-dasar kelistrikan. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes tertulis dan metode dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan analisis data menggunakan rumus uji-t diperoleh nilai 7,63 > 1,671, hal ini berarti terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran snowball throwing dengan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran berpusat pada guru (non-snowball throwing). Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai akhir yaitu siswa yang menggunakan metode pembelajaran snowball throwing mendapat nilai rata-rata 71,87, sedangkan siswa yang menggunakan metode pembelajaran berpusat pada guru (non-snowball throwing) mendapat nilai rata-rata 55,9, hal ini berarti hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran snowball throwing lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran berpusat pada guru. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran snowball throwing dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran berpusat pada guru dalam mata pelajaran dasar-dasar kelistrikan, dimana hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran snowball throwing lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran berpusat pada guru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Faried Wadjdi, M.Pd., MM. ; 2). Drs. Irzan Zakir, M.Pd.,
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 12 Dec 2019 15:22
Last Modified: 12 Dec 2019 15:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2279

Actions (login required)

View Item View Item